Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali meraih penghargaan sebagai salah satu provinsi terbaik nasional dalam pemeringkatan keterbukaan informasi publik dengan kategori provinsi cukup informatif. Penyerahan penghargaan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Dinas Kominfo SP) Prov Sulsel, Andi Hasdullah mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Penghargaan ini diterima Provinsi Sulsel setelah melalui proses kompetisi dengan 34 provinsi lain di Indonesia. Pemeringkatan keterbukaan informasi publik tahun 2019 ini adalah kompetisi masuk kategori bergengsi karena terkait transparansi pemerintahan melalui evaluasi kinerja terhadap pelibatan partisipasi publik mulai dari perumusan kebijakan , perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan termasuk dalam menghadirkan pemerintahan yang profesional dengan tatakelola baik.

Kadis Kominfo SP Prov Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan bahwa prestasi ini diperoleh karena Pemprov Sulsel sudah melakukan layanan info publik yang progresif baik melalui layanan PPID Sulsel online berbasis smartphone, maupun layanan langsung terhadap pemohon informasi di ruang PPUD Utama yang bertempat di Kantor Gubernur Sulsel.

"Termasuk melakukan sosialisasi yang masif kepada masyarakat dengan menyebar brosur info publik di beberapa lokasi car free day, iklan layanan di beberapa radio di Makassar dan luar Makassar," terangnya.

Hal yang lebih penting lagi, lanjut Hasdullah, karena adanya komitmen yang kuat dari pak Gubernur Nurdin Abdullah dan Wagub Andi Sudirman Sulaiman yang terus membimbing dan mengawasi seluruh perangkat daerah baik itu di lingkup pemprov, kabupaten/kota bahkan sampai di desa.

"Semuanya ini karena komitmen pimpinan yang konsisten, kalau kita kerja fokus dan bersungguh-sungguh pasti hasilnya baik dan ujungnya adalah secara nyata layanan itu harus dapat dirasakan oleh masyarakat luas,"jelas Hasdullah.

Tak bisa dipungkiri, tambahnya, award ini tentu akan memberi semangat kepada semua level, semua pejabat Pemprov Sulsel untuk makin berkinerja baik demi kemajuan daerah yang makin baik.

"Secara khusus tentu kita memberi apresiasi dan ucapkan terima kasih terutama kepada pimpinan Pak Gubernur dan Pak Wagub atas komitmen beliau yang kita rasakan konsisten, beliau sangat konsisten- mulai dari misi beliau untuk menghadirkan tatakelola pemerintahan di Sulsel yang transparan, terbuka, bersih dan melayani," ungkap Hasdullah.

"Itulah yang saya jabarkan implementasinya lalu kemudian kita kerja keras dalam team work yang solid semuanya dan akhirnya berbuah manis, kita mendapat apresiasi secara nasional ditetapkan salah satu provinsi inovatif dalam keterbukaan info publik secara nasional,"bebernya lagi.

"Kita juga tentu berharap para perangkat daerah provinsi, seluruh kabuoaten/kota dan desa dapat makin semangat untuk menghadirkan partisipasi dan kolaborasi dari semua stakeholder untuk percepatan pembangunan termasuk pelibatan publik sebagai pelaku pembangunan, sehingga dapat mendorong laju percepatan kesejahteraan di Sulsel dan masyarakat ikut merasa memiliki, menjaganya lalu menikmati hasil pembangunan yang kita sudah capai dan yang akan kita laksanakan kedepan,"imbuh Hasdullah.

"Transparansi dan keterbukaan info publik saat ini terus kita bumikan melalui bimtek dan sosialisasi yang masif terkait keterbukaan info publik, kita sudah tembus sampai ke desa, target kita melakukan intersep sampai ke 24 kabuoaten/kota dan ke 2255 desa se-Sulsel, progresif sekitar 1000 desa akan kita selesaikan pada tahun 2019 dan sisanya kita akan selesaikan di tahun 2020. Mohon dukungan dan doanya semoga Sulsel makin maju dan sejahtera dibawah komando Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman," pungkasnya.

Rabu, 20 November 2019 (diskominfo)