Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH  melaporkan kepada Menteri PUPR Mochammad Basoeki Hadimoeljono, bahwa uang yang beredat di petani Sulsel hanya dalam waktu 2 bulan ini mencapai Rp 8 triliun.

"Dalam 2 bulan uang yang beredar di petani Sulsel dari produksi padi 2 juta ton, nilainya Rp 8 triliun," kata Syahrul YL saat peresmian pengalihan aliran sungai di Bendungan Paselloreng,  Rabu (19/4/2017).

Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, khusus di pulau Sulawesi, Provinsi Sulsel memiliki peredaran uang paling banyak di sektor pertanian.

Karena itu, sektor perekonomian Sulsel ikut bergerak dengan sangat pesat, seperti penuhnya transaksi di pasar maupun Warung Kopi yang aa di Sulsel ikut ramai sepanjang hari.

Lanjut Syahrul Yasin Limpo, dengan dibangunnya Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, dapat mendukung peningkatan produksi padi di Sulsel.

Apalagi kapasitas Bendungan Pasollerang dapat mengaliri 7 ribu hektare areal persawahan dengan luas areal persawahan Sulsel yang siap dialiri 8.500 hektare, dan potensi 10 ribu hektare sawah di Sulsel.

Syahrul Yasin Limpo menilai pembangunan proyek bendungan Passollerang merupakan hal yang sangat luar biasa bagi masyarakat Sulsel.

Sebab hanya Kabupaten Wajo, yang mendapatkan proyek pembangunan bendungan yang sangat besar di Indonesia.

"Artinya ada keprihatinan yang luar biasa pak Menteri, Pak Presiden terhadap daerah ini," kata Syahrul.

Sementara itu, terdapat 8.500 areal persawahan yang siap dialiri, dengan potensi areal persawahan di Sulsel seluas 10 ribu hektare.

Syahrul Yasin Limpo juga melaporkan bahwa hanya dalam waktu 2 bulan, provinsi Sulsel memiliki 2,6 juta ton over stok beras dan 6 juta ton over stok padi. Provinsi Sulsel juga telah berhasil menyediakan stok beras untuk 22 provinsi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Syahrul Yasin Limpo menyinggung persoalan jalan rusak di Sulsel di depan Menteri Basoeki. Kata Syahrul Yasin Limpo, Kementrian PUPR dapat menambah alokasi anggaran untuk perbaikan jalan di Sulsel.

Kamis, 20 April 2017 (Srf/Yy)