Sebanyak 3400 siswa dari berbagai sekolah SD, SMP, SMA/SMK se-Kota Makassar melakukan senam bareng Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo,  Selasa (17/10/2017) di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Sungai Tangka.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemprov Sulsel dan Persatuan Masyarakat Tionghoa Indonesia (PMTI) Sulsel.
Antusiasme para siswa untuk senam bareng Gubernur Sulsel ini sangat besar. Karena banyaknya peserta, lapangan rumah jabatan tak mampu menampung keseluruhan siswa. Malah, ada yang tertahan di depan pintu masuk rumah jabatan.

Luthfi Natsir, koordinator kegiatan mengatakan sebenarnya panita mengestimasi jumlah peserta yang hadir sebanyak 2000 orang. Sebanyak 27 sekolah terlibat dalam acara ini.

"Namun karena besarnya motivasi dan minat para siswa untuk senam dengan Bapak Gubernur, pesertanya membludak jadi 3400 orang," ungkap Luthfi usai kegiatan berlangsung.

Dia mengatakan, senam sehat yang dilaksanakan hari ini bernama Senam Dunia Satu Keluarga.

Filosofinya bukan hanya untuk olah tubuh agar sehat, namun untuk memaknai keberagaman dan pembauran, serta mempersatukan berbagai etnis yang ada di Sulsel.

Sementara itu, Yonggris dari PMTI menjelaskan Senam Dunia Satu Keluarga diciptakan oleh International Nature Loving Assosiation (INTA) Sulawesi Selatan.

Menurutnya, selain anak sekolah, senam itu juga diikuti PMTI, IMTI, dan Ikatan Wanita Tionghoa Indonesia (IWATI).

Menurut Yonggris, Senam Dunia Satu Keluarga ini menjadi momen untuk menciptakan komitmen hidup rukun dan damai dalam bingkai negara Indonesia.

Secara khusus, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo memberi semangat dan motivasi kepada seluruh siswa yang ikut senam.

Menurut Syahrul, Sulsel bisa menjadi provinsi terbaik dan diperhitungkan di Indonesia karena semangat dan jiwa saling menghormati antar sesama.

"Sulsel bisa besar dan jaya seperti ini karena kita punya pikiran dan jiwa besar untuk sama-sama berkontribusi positif bagi daerah, " ungkapnya.

Dia mengajak seluruh siswa untuk berbuat yang terbaik dan mengisi setiap waktu yang dimiliki untuk aktifitas positif.

Senin, 16 Oktober 2017 (Srf/Rs)