Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Periode 2015-2019, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan harapannya pada Workshop APPSI di Hall A & B Hotel Shangril-La, Surabaya - Jawa Timur, Selasa (21/11/2017).

Syahrul yang juga merupakan Gubernur Sulsel ini menyampaikan enam harapan yang bisa dicapai dalam workshop ini.Pertama, merumuskan langkah-langkah untuk menghindari terjadinya persinggahan barang di beberapa pelabuhan sebelum ke tujuan akhir (mengurangi high cost)."Kita juga berharap ini dapat mengurangi disparitas harga bahan pokok dan hadir upaya strategis antara kawasan barat dan kawasan timur guna menjaga inflasi daerah," kata Syahrul.

Ketiga, pemerintah daerah mampu mengembangkan sistem pendataan produk unggulan daerah yang berisikan jenis, dan waktu serta ketersediaan dari komoditas daerah.

Ia menambahkan, pengembangkan kerjasama perdagangan antar daerah yang berbasis elektronik yang mampu mendeteksi dengan dini informasi tentang posisi produk unggulan setiap daerah.

Penguatan peranan Port Makassar juga disampaikan Syahrul, "Optimalisasi pemanfaatan Port Makassar sebagai entry point untuk perdagangan di kawasan timur Indonesia dan tujuan ekspor," harapnya.

Menurutnya, pengembangan produk industri kecil menengah (IKM) daerah menjadi sangat penting. IKM sebagai pelaku ekonomi memerlukan perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Ini mengingat sektor IKM ini sangat berkontribusi terhadap daerah," pungkasnya.

Rabu, 22 November 2017 (Ytm/Na)