Peranan generasi muda sangat vital untuk Indonesia. Terutama dalam menjaga keberagaman Indonesia menjadi negara besar dan maju.

Karena itu, pemuda sebagai aset bangsa harus terus dijaga idealisme dan pandangannya agar tidak terpapar sesuatu yang merongrong negara.

Hal itu diungkapkan SYL saat menjadi narasumber pada kegiatan Inspirato Liputan6.com SCTV di SCTV Tower, Selasa (19/9).

Di hadapan 200 mahasiswa yang hadir, SYL berbagi pengalaman hidup dan tips-tips sebagai pemimpin inspiratif dan juga sebagai gubernur.

Pada kesempatan ini,  mantan bupati Kabupaten Gowa dua periode ini memberikan kesempatan para mahasiswa bertanya.

Salah seorang mahasiswa, Kelvin, bertanya, apakah setelah menyelesaikan jabatan sebagai Gubernur Sulsel, SYL memiliki niat untuk berkiprah di tingkat nasional.

Dialog ini sendiri berlangsung selama satu jam. Inspirato Liputan6.com SCTV menghadirkan sosok-sosok inspiratif yang berhasil memimpin daerah mereka dengan cara yang visioner dan dedikasi yang luar biasa

SYL dipilih karena beberapa pertimbangan,  diantaranya, dia berhasil mewujudkan idenya dalam bentuk pendidikan gratis serta menggratiskan biaya kesehatan di beberapa rumah sakit yang ditunjuk pemerintah setempat.

"Hal dasar dalam menyejahterakan rakyat dan membuat suatu bangsa maju terletak pada tingkat pendidikan rakyat atau bangsa dan hak dasar manusia sebenarnya adalah kesehatan, karena tidak akan makmur suatu bangsa bila kesehatannya tidak diperhatikan," sebut SYL.

Selain SYL, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Politisi Muda Venna Melinda juga menjadi narasumber.

Rabu, 20 September 2017 (Srf/Yy)