website resmi pemerintah provinsi sulawesi selatan http://sulselprov.go.id

SYL Serukan Cinta Produk Sulsel dan Pencanangan Konsumen Cerdas pada 1000 Pelajar

  • 19 pengunjung
  • 2 hits
  • 12 Oct 2017
SYL Serukan Cinta Produk Sulsel dan Pencanangan Konsumen Cerdas pada 1000 Pelajar

Dinas Perdagangan Sulsel bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sulsel melakukan Pencanangan gerakan 1000 kebaikan (G1000G) bertajuk Konsumen Cerdas Tingkat SLTA di Celebes Convention Center (CCC), Rabu sore (11/10).

Pencanangan yang dihadiri oleh 1000 siswa ini mengangkat tema "Cinta Produk Sulawesi Selatan" dan menjadi bagian rangkaian hari ulang tahun ke-348  Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Perdagangan Hadi Basalamah mengatakan gerakan ini bagian dari edukasi dari tingkat pelajar untuk mencintai produk lokal, produk Provinsi Sulsel. 

"Ini kita lakukan bersama Dinas Pendidikan Sulsel,  tahap awal tingkat SLTA dan ini akan menjadi kurikulum Dinas Pendidikan," kata Hadi.

Pada kesempatan itu,  juga dilakukan penandatanganan MoU antara Dinas Perdagangan dan Dinas Pendidikan Sulsel untuk edukasi di bidang perlindungan konsumen serta penyerahan bantuan ke sekolah dari PT. Pertamina dan Bank BRI.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. mengatakan dengan edukasi seperti ini maka akan menumbuhkan rasa cinta terhadap produk bangsa sendiri.

"Ini akan menciptakan sikap positif untuk selalu mendahulukan yang dibuat oleh negeri sendiri. Khususnya di Sulsel, masa depan ada di tangan kalian," sebut SYL pada 1000 siswa yang begitu antusias mendengarkan sambutan gubernur yang sempat membakar semangat mereka dengan bernyanyi.

Dia melanjutkan, Pemerintah Provinsi Sulsel sangat memperhatikan perlindungan konsumen. Itu dibuktikan

dengan terbitnya Peraturan Daerah No.3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen dan Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan No.68 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan No. 3 Tahun 2013. Perda itu adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Gubernur juga mengimbau konsumen khususnya dari elemen pelajar mempu menjadi konsumen cerdas. Yaitu konsumen yang mampu menegakkan hak dan kewajibannya,  teliti membeli barang, memperhatikan label dan manual garansi berbahasa Indonesia.

Juga memastikan produk bertanda SNI, tidak mengabaikan masa kedaluwarsa, membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan dan mengutamakan penggunaan produk dalam negeri. 

Kamis, 12 Oktober 2017 (Srf/Yy) 

Terkait

    • 1921 pengunjung
    • 1581 hits
    • 13 01 2016

    Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI, Ilyas Asaad mengatakan pihak kementerian membentuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru di Sulawesi Selatan (Sulsel). Selengkapnya.

    • 1028 pengunjung
    • 942 hits
    • 22 01 2016

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan berupaya mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat rapat bersama OJK pada 15 Januari lalu. Selengkapnya.

    • 900 pengunjung
    • 736 hits
    • 18 01 2016

    Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  mengatakan, masyarakat, Pemerintah Daerah, dan TNI AD sebelumnya telah bekerja sama dalam meningkatkan produksi beras. Hal tersebut membuat perekonomian Sulsel tidak ikut turun saat kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami penurunan.

    Selengkapnya.

menu lainnya