Banjar Baru, sulselprov.go.id - Kontingen Sulawesi Selatan berhasil mencetak prestasi pada Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia Komunitas Fest) 2024, yang digelar di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Event tersebut telah resmi ditutup Sabtu, 31 Agustus 2024.

Sulsel berhasil meraih dua Juara II, masing-masing dari Muhammad Restu Dwisaputra yang berlomba di kategori nasional bidang desain grafis, dan Ayla Ainayyah M, yang turun di lomba kategori nasional bidang Software.

Sementara Juara III diraih oleh Hijratul Kauzar yang tampil di lomba kategori nasional bidang vokal solo.

"Alhamdulillah, kami bisa dapat juara di event ini. Kami akan terus kembangkan bakat dan kemampuan skill di desain grafis ke depan," ujar Muhammad Restu.

"Kami turut bangga, dan berterimakasih kepada Dispora Sulsel karena bisa ikut berlomba di kegiatan nasional. Banyak pengalaman dan relasi saya dapatkan di kegiatan ini. Ke depan software aplikasi "Juang" (game berbasis sejarah) ini dapat diselesaikan, semua level sudah full. Dan dapat diterapkan di tingkat SD," sambung Ayla Ainayyah.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Suherman, yang turut hadir menyaksikan malam penutupan, mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih pemuda pemudi Sulsel ini. Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari dukungan Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh.

"Waktu acara pelepasan, kami berpesan agar peserta dari Sulsel bisa memberikan yang terbaik bagi Sulsel. Dan ini mereka buktikan di malam penutupan," ucap Suherman.

Pada kesempatan itu, Kadispora Sulsel, Suherman mengajak para juara untuk berfoto bersama dengan Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh.

Untuk diketahui, kontingen Sulsel mengirim tujuh pemuda di event ini. Mereka terpilih berdasarkan hasil seleksi pada kegiatan Creativesia Youth Competition (Kreativesea Fest Pemuda Sulawesi Selatan), yang digelar 9 -12 Agustus lalu, di Gedung Mulo, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman Makassar.

Adapun tujuh pemuda tersebut adalah Hijratul Kausar mengikuti lomba vokal solo, Sakinah Ma'sumah Adwin (fashion show), Ayla Ainayyah M (software), Muh. Irsayadillah (Hardware).

Kemudian Muh Restu Dwisaputra (desain grafis), Muhammad Arkam (sinematografi) dan Muh. Rezky Wahyu (kriya). (*)