Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK, SMA, dan MA 2019 Sulsel di bawah kendali Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sudah selesai. Saat ini tahapan-tahapan proses UNBK terlaksana sesuai time schedule yang ditetapkan Badan Standar Pendidikan Nasional (BSPN). 

Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo, mengungkapkan, saat ini peserta didik sementara menjalani ujian susulan sebanyak 804 siswa. Jumlah itu berasal dari SMK sebanyak 323 dan tingkat SMA sebanyak 486 siswa. Dan dibandingkan tahun sebelumnya jumlah peserta UNBK susulan mencapai ribuan.

"Persentase yang ikut ujian susulan kali ini  mengalami penurunan. Ini juga menunjukkan indikator seluruh rangkaian Standar Operasional Prosedur Ujian Nasional terlaksana dengan baik. Anak didik mengikuti ujian susulan karena sebelumnya tidak hadir dikarenakan sakit dan beberapa sebab lainnya," kata Irman. 

Irman menambahkan, berjalannya UNBK tahun ini tak lepas dari peran seluruh stakeholder Pendidikan yang berkerja optimal.

"Alhamdulillah semua berjalan baik. Kami juga berterima kasih kepada pihak pemerintah pusat yang sudah memberikan atensi terlaksananya agenda Disdik Sulsel yang berjalan dengan  lancar, " tuturnya.

Usai ujian susulan tingkat SMK, SMA MA dan paket kesetaraan program paket C, pelaksanaan UNBK dilanjutkan tingkat SMP/MTs yang dijadwalkan mulai tanggal 22 hingga 25 April 2019. Adapun UNBK susulan tingkat  SMP, MTs tanggal 29-30 April 2019.

"Usai proses ini maka dilakukan tahapan pengumpulan dan pengolahan hasil UNBK, yang selanjutnya dilakukan skoring dan analisis kemudian dilakukan pengumuman pada tanggal yang telah ditetapkan," jelasnya.

Adapun kriteria pencapaian kompetensi lulusan berdasarkan UN yang dilaporkan dalam rentang 0 hingga 100 dengan kategori, nilai sangat baik diatas 85, nilai baik jika diatas 70 dan cukup bila diatas 55. 

Senin, 15 April 2019 (Srf/Na)