Makassar, sulselprov.go.id - Kepala Bidang Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Sulsel, Fitra, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) III Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulsel yang diselenggarakan di Hotel Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Jumat, 19 Juli 2024. 

Kehadiran Fitra dalam Konferwil III AMSI Sulsel yang mengusung tema Media Pilar Penting Ekosistem Menuju Transformasi Digital Sulsel tersebut mewakili Pemprov Sulsel, sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan media siber di Sulsel.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua AMSI Pusat Upi Asmaradhana, pimpinan dan pengurus daerah AMSI Sulsel, serta perwakilan media siber dan jurnalis. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah diskusi dan kolaborasi untuk memajukan industri media siber di Sulsel.

Pada kesempatan tersebut, Fitra menyampaikan bahwa Pemprov Sulsel menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan Konferwil AMSI Sulsel tersebut.

"Tentu kami berharap, keberadaan AMSI sebagai wadah bagi media siber yang ada di Sulsel dapat mendorong diseminasi infromasi digital yang berkualitas," kata Fitra.

Fitra menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan media dalam membangun masyarakat yang cerdas dan kritis.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan AMSI dan seluruh insan pers dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami percaya bahwa melalui sinergi yang baik, kita dapat mewujudkan pembangunan yang lebih baik dan inklusif di Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Ia pun berharap Konferwil AMSI Sulsel ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang konstruktif dan inovatif, yang dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme media siber di daerah Sulsel.

"Mari kita jadikan forum ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital ini," harapnya.

Sementara itu, Ketua AMSI Sulsel Herwin Bahar mengapresiasi kehadiran perwakilan dari Pemprov Sulsel dalam acara tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung perkembangan media siber.

Dalam sambutannya, Herwin Bahar menceritakan sejarah singkat berdirinya kepengurusan AMSI Sulsel. Ia tak lupa menjelaskan peran AMSI sebagai organisasi yang sangat concern terhadap fakta, cek fakta, dan bagaimana penyebaran-benyebaran berita baik bisa mereduksi berita-berita hoax yang ada di masyarakat.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua AMSI Pusat Upi Asmaradhana menyebut bahwa AMSI Sulsel adalah salah satu perwakilan AMSI yang cukup kuat di Indonesia, khususnya di wilayah timur Indonesia. 

"Mudah-mudahan AMSI Sulsel bisa menjadi bagian terpenting dalam mendorong bagaimana Sulawesi Selatan itu bertransformasi. Tema kami hari ini adalah bagaimana AMSI menjadi ekosistem untuk mendorong transformasi digital di Sulawesi Selatan dan Bapak Gubernur saya pikir sangat concern dengan transformasi digital ini. Transformasi digital di sini bukan sekedar bertransformasi saja, tetapi tentunya memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.

Diharapkan, hasil dari konferensi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan media siber di Sulsel, dan Indonesia pada umumnya. (*)