Makassar, sulselprov.go.id - Rombongan Kepala Staf Angkatan Laut RI Laksamana TNI Muhammad Ali yang hadir bersama Ketua Umum Jalasenastri Fera Muhammad Ali, dijamu makan malam oleh Pemerintah Provinsi Sulsel di Pantai Akkarena, Jalan Metro Tanjung Bunga, Jum'at, 9 Agustus 2024.

Jamuan makan malam rombongan Kepala Staf Angkatan Laut dalam rangka kunjungan kerjanya di Provinsi Sulsel khususnya di Kota Makassar ini diterima langsung oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Pj Sekprov) Sulsel Andi Darmawan Bintang dan para perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel.

Dalam sambutannya, Pj Sekprov Andi Darmawan Bintang mengatakan, saat ini Pemprov Sulsel lagi giat-giatnya melaksanakan pembangunan, dan sebagaimana diketahui bahwa Sulsel bertumpu pada sektor pertanian.

Oleh sebab itu, kata Darmawan Bintang, jika melihat struktur pendapatan domestik bruto, sekitar 37 persen dari regional pendapatan daerah ini, hasilnya dari pertanian.

Ia juga menjelaskan, bahwa sektor pertanian di sini adalah pertanian tanaman pangan, kemudian kehutanan dan perikanan, kelautan maupun peternakan.

Kemudian, lanjut Darmawan Bintang, jika melihat bahwa Sulsel pada saat ini sedang mengembangkan bagaimana mentransformasi pertanian tidak hanya berbasis pada pertanian tradisional tetapi diharapkan ada transformasi dari sektor pertanian yang mempunyai nilai tambah yang memiliki peralatan modern maupun tata cara dalam hal pengelolaannya.

"Beberapa daerah di Sulsel mempunyai tingkat produktivitas terutama pada sektor pertanian yang cukup tinggi. Dan untuk itu, dukungan dalam hal ini meningkatkan produktivitas terutama dalam hal pengolahan, kemudian tempat penyimpanan," jelasnya.

Terakhir, kata Darmawan Bintang, bagaimana mengembangkan daerah pendaratan terutama pada pelabuhan-pelabuhan yang ada.

"Kami di Sulsel terus menerus dan tiada henti-hentinya apabila ada program-program yang ingin dilaksanakan di Sulsel, kami dengan tangan terbuka menerima ajakan untuk membangun daerah ini secara bersama," ungkap Darmawan Bintang.

Untuk itu, pihaknya senantiasa menunggu apa yang menjadi program dari Angkatan Laut, yang juga bisa bekerja sama dengan pemerintah kabupaten kota.

"Mari sering-sering berkunjung di Sulsel untuk melihat daerah yang pernah menjadi tugas Pak Kepala Staf Angkatan Laut dan Insha Allah kami senantiasa selalu menerima dengan tangan terbuka dan menyambut kedatangan Bapak dan menceritakan apa yang baru di Sulsel," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Staf Angkatan Laut RI Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa Kota Makassar sebagai kunjungan yang terakhir di Indonesia timur.

"Saya berharap setiap ada kunjungan di Kota Makassar, saya bisa terus berinteraksi dengan masyarakat, pemerintah daerah dan forkopimda," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada Danlantamal VI agar terus bekerjasama dengan mendukung penuh pemerintah daerah di Kota Makassar. Apapun yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah di Provinsi Sulsel maupun di kabupaten kota.

"Saya berharap agar hubungan kerjasama ini antara angkatan laut dengan pemerintah daerah, hubungan yang baik ini terus berlanjut bahkan dari tahun ke tahun akan ditingkatkan," harapnya. (*)