Makassar, sulselprov.go.id - Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Muhammad Arsjad bersama istri menghadiri pelaksanaan wisuda yang digelar Universitas Hasanuddin (Unhas), di Baruga Andi Pangerang Pettarani, Selasa, 28 Mei 2024.

Kehadiran Andi Arsjad sekaligus untuk menyaksikan wisuda putri keduanya, Andi Hardina Arsjad, yang lulus dalam bidang Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Ia pun mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaannya atas gelar sarjana yang diraih putrinya tersebut. Menurutnya, gelar wisuda menjadi harapan orang tua terhadap  anaknya dan ini menjadi peluang bagi seluruh wisudawan untuk menghadapi dunia kerja.

"Sebagai orangtua tentu ini adalah hal yang sangat menggembirakan, membanggakan karena kami bisa hadir bersama ibu menyaksikan langsung wisuda ananda Andi Hardina Arsjad. Tentu semua orang tua menginginkan anaknya bisa sekolah dan menyelesaikan sekolahnya dengan baik," ucapnya.

"Ini menjadi harapan semua orang tua dan tentu ini menjadi peluang ke depan untuk bagaimana bisa masuk kedalam pasar kerja," imbuhnya.

Selain itu, Andi Arsjad mengatakan, momentum wisuda menjadi momen yang baik untuk para alumni ini untuk meningkatkan lagi kompetensi yang dimiliki dari bekal ilmu pengetahuan yang diterimanya selama menjalani pendidikan di perguruan tinggi.

Bahkan, dengan bekal ilmu pengetahuan tersebut para wisudawan harus meningkatkan kemampuannya membangun jejaring dan memanfaatkan peluang yang ada.

"Tentu tidak hanya sampai disitu saja, mereka harus mampu membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan lain, terutama dari jejaring. Bagaimana mengembangkan jejaring dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada sekarang ini," tegasnya 

Tidak hanya bagi para wisudawan, Andi Arsjad juga menaruh harapan besar bagi Universitas Hasanuddin sebagai perguruan tinggi yang terkemuka dan memiliki alumni yang berperan penting di berbagai sektor untuk dapat meningkatkan kualifikasi dan sumber daya pengajarnya.

"Harapan kita tentu Universitas Hasanuddin bisa menjadi universitas yang lebih terkemuka dengan lebih meningkatkan lagi kualifikasinya dan sumber daya pengajar- pengajarnya, serta melakukan upaya-upaya penyesuaian khususnya menuju Indonesia Emas 2045 mendatang," ujarnya.

Ia juga berharap Universitas Hasanuddin kedepannya bisa menjadi pelopor transformasi bagi kemajuan daerah dan kemajuan negara secara umum.

Dalam pelaksanaan gelar wisuda ini, Universitas Hasanuddin Makassar mewisuda sebanyak 565 orang wisudawan dari delapan fakultas. Dengan rincian Fakultas Teknik 100 orang, Fakultas Hukum 57 orang, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan 76 orang, Fakultas Kehutanan 19 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 102 orang, Fakultas Kedokteran Gigi 11 orang, Fakultas Kedokteran 85 orang, dan Fakultas Keperawatan 115 orang. (*)