Makassar, sulselprov.go.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Ramah Tamah Kenegaraan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79, di Lapangan Ininnawa, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, para pejabat Pemprov Sulsel, Forkopimda, mitra Pemprov, dan para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Sulawesi Selatan beserta orang tua peserta Paskibra.

Usai kegiatan tersebut, Jufri menyampaikan makna dari pelaksanaan hari Kemerdekaan RI. Menurutnya, memperingati kemerdekaan Indonesia adalah mensyukuri nikmat kemerdekaan itu sendiri.

"Bagaimana cara mensyukurinya? Isilah dengan pembangunan ataupun karya nyata sebagai anak bangsa," ungkapnya.

Jufri juga mengatakan, kemerdekaan dapat dirasakan jika semua pihak dapat menjaga serta menghadirkan kenyamanan dan ketentraman dengan tidak membuat gaduh maupun gangguan di masyarakat.

"Paling tidak jangan membuat kegaduhan, jangan membuat gangguan, baik melalui statement, melalui sikap, tindakan, yang menyebabkan orang-orang atau masyarakat terganggu ketentramannya," ucapnya.

Jufri juga menyampaikan, filosofi atau makna yang mendalam dari sebuah kemerdekaan adalah terciptanya rasa tenang dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat. (*)