Makassar, sulselprov.go.id - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman menghadiri Pelantikan dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni dan Keluarga As'adiyah (Ikakas) Periode 2024-2029, di Hotel Grand Claro, Makassar, Jumat malam, 18 Oktober 2024.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saya mengucapkan selamat melaksanakan Mukernas. Semoga kegiatan ini membangun silaturahmi dan konsolidasi alumni se-Indonesia untuk saling support sesama kader dalam berbagai profesi," katanya.

Selain itu, Jufri Rahman juga berharap Mukernas ini membawa energi baru bagi keluarga besar As'adiyah untuk menguatkan komitmen, membangun komitmen dan metode dalam cara pandang Islam, serta bagaimana para generasi As'adiyah mengamalkan pengetahuan moral dan etika serta menjadi bagian dari generasi yang membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin moderat.

Sebagai lembaga studi agama Islam tertua di Sulsel, Jufri Rahman menjelaskan, As'adiyah telah melahirkan tokoh dan ulama yang konsisten menjaga keragaman, memelihara toleransi, dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia serta menjaga nilai-nilai Amar Makruf Nahi Munkar.

"Oleh karena itu melalui Mukernas ini saya berharap akan menjadi momentum untuk bisa menyatukan dan merapatkan barisan As'adiyah sebagai lembaga pendidikan dan lembaga sosial keagamaan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dalam mengembangkan nilai-nilai moderasi beragama.

Melalui Mukernas ini, lanjut Jufri Rahman, As'adiyah dapat memperluas perannya dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya jiwa entrepreneurship dan mendorong generasi untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja.

"Entrepreneurship ini sangat penting, minimal dalam mempekerjakan diri sendiri karena dalam membangun pondasi performa yang kuat akan menciptakan perubahan sosial serta mendorong inovasi kreatif," ujarnya.

Jufri Rahman juga mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sulsel memiliki komitmen tinggi dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang tidak hanya unggul dalam segi intelektualitas, tetapi juga dalam segi moral dan spritual. 

"Sebab bangsa kita tidak kekurangan orang-orang cerdas, tetapi krisis nilai-nilai moral dan apalagi Sumber Daya Manusia unggul dan bermartabat adalah investasi yang besar yang harus dimiliki bangsa kita," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikakas Periode 2024-2029 Dr H Hasan Basri Rahman, Ketua Umum PB As-Adiyah Sengkang yang juga Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar, Kapolda Sulsel Irjen Yudhiawan, dan Wakil Ketua DPRD Sulsel Yasir Mahmud dan Supriadi Arif. (*)