Makassar, sulselprov.go.id - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Sulsel menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Program Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang diselenggarakan oleh Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) di Hotel Melia Makassar, Jumat, 9 Agustus 2024.

Rakor yang merupakan rangkaian dari Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest) 2024 ini diikuti secara hybrid oleh perwakilan Diskominfo dari seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara Ditjen IKP Kemkominfo RI dengan Diskominfo seluruh Indonesia dalam pengelolaan program-program strategis di bidang Komunikasi dan Informatika, khususnya dalam sub urusan IKP.

Dalam sambutannya, Andi Winarno menyampaikan bahwa era digitalisasi membawa perubahan yang sangat cepat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang informasi dan komunikasi publik. 

"Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara kita berkomunikasi, berinteraksi, dan memperoleh informasi. Oleh karena itu, peran dari Diskominfo menjadi sangat vital dalam mengawal dan memastikan bahwa masyarakat mendapatkan informasi yang benar, akurat, dan bermanfaat," kata Andi Winarno.

Ditambahkannya lagi bahwa keberhasilan dalam penyelenggaraan Koordinasi dan Sinergitas Program Bidang Kominfo Sub Urusan IKP akan sangat bergantung pada komitmen dan kerjasama Diskominfo seluruh Indonesia. 

"Saya percaya, dengan semangat kebersamaan dan dedikasi yang tinggi, kita dapat mewujudkan tujuan-tujuan yang telah kita tetapkan. Saya juga mengajak seluruh peserta rapat koordinasi ini untuk aktif berpartisipasi dan memberikan masukan yang konstruktif. Kita harus bekerja bersama-sama, saling mendukung, dan mengedepankan kepentingan masyarakat dalam setiap langkah yang kita ambil," tambahnya.

Andi Winarno berharap melalui acara koordinasi tersebut, dapat dirumuskan langkah-langkah strategis yang konkret untuk meningkatkan kualitas informasi dan komunikasi publik di Sulsel. 

"Mari kita manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas, lebih terhubung, dan lebih sejahtera. Tak lupa juga, mari kita bekerja bersama untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sulawesi Selatan, demi terciptanya tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berdaya saing," ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya mewakili Direktur Jenderal (Dirjen) IKP Kemkominfo RI Usman Kamsong, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemkominfo RI Hasyim Gautama menyampaikan bahwa peran IKP di era digitalisasi ini sangatlah vital.

"Teknologi informasi dan komunikasi bukan sekedar sarana, tetapi juga kekuatan yang menggerakkan perubahan di segala bidang kehidupan. Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang Kominfo menjadi sangat penting untuk mencapai pelayanan terbaik kepada masyarakat," ungkap Hasyim Gautama.

Ia mengajak seluruh peserta rakor untuk aktif berpartisipasi, memberikan masukan dan gagasan, serta bertukar pengetahuan dan pengalaman terkait pelaksanaan program sub urusan IKP.

"Saya berharap rakor ini menjadi wadah untuk mewujudkan sinergitas program kerja bidang Kominfo sub urusan IKP. Semoga rapat koordinasi ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua," pungkasnya. (*)