Makassar, sulselprov.go.id - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, menyatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan koordinasi dengan penyelenggara Pilkada untuk memastikan pelaksanaan demokrasi dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Termasuk dalam urusan distribusi logistik, kata Jufri, diharapkan dapat terdistribusi dengan baik dan tanpa kendala, bahkan hingga ke daerah-daerah terpencil. Sehingga, para pemilik suara bisa menyalurkan suaranya dengan baik dan benar.

"Pada rapat Muspida dengan KPU dan Bawaslu terakhir yang dilakukan di kantor gubernur tampaknya KPU sudah sangat siap untuk penyelenggaraan pilkada serentak ini dan itu terbukti dari laporan Ketua KPU waktu itu mengatakan bahwa akan segera mendistribusikan logistik Pilkada dan pada saatnya nanti seluruh logistik terbagi sebelum hari H," kata Jufri Rahman usai menjadi narasumber dalam podcast Unhas Meet yang merupakan program dari Unhas TV yang membahas tentang Hari Ulang Tahun Sulsel ke 355 dan terkait dengan Pilkada yang digelar di Studio Unhas TV, di Kompleks Kampus Unhas Makassar, kemarin, Jumat, 18 Oktober 2024.

Sementara untuk pengawasan pelaksanaan Pilkada serentak, Jufri mengapresiasi kinerja Bawaslu yang telah melaksanakan tugasnya secara profesional dengan menindaklanjuti laporan yang masuk terkait dengan pelanggaran netralitas ASN.

"Beberapa waktu yang lalu kan viral di media sosial ada oknum ASN yang dilaporkan melakukan pelanggaran netralitas dan itu sudah ditindaklanjuti oleh Bawaslu," ujarnya.

Untuk segi pengamanan, lanjutnya, pihak Polda Sulsel juga telah menyampaikan kesiapannya terkait jumlah personil yang akan terlibat melakukan pengamanan Pilkada serentak.

Tidak hanya itu, kata Jufri, dari laporan Asisten Operasi Kodam XIV Hasanuddin juga susah siap untuk di BKO-kan melakukan pengamanan pada pelaksanaan Pilkada nanti.

"Pemerintah Provinsi tentunya sebagai institusi yang dimandatkan oleh peraturan perundang-undangan untuk menyiapkan penganggaran untuk Pilkada Gubernur dan juga kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak nanti sudah menyiapkan dukungan pembiayaan sesuai dengan yang dibutuhkan penyelenggara termasuk dukungan pembiayaan untuk aparat pengamanan," ujarnya.

Dengan demikian, Jufri Rahman menambahkan, secara umum Sulsel sudah siap untuk penyelenggaraan pilkada dan berharap pelaksanaan Pilkada serentak dapat berjalan aman dan lancar, mulai dari jalannya proses Pilkada hingga pada hari H. (*)