Makassar, sulselprov.go.id - Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Masa Bakti 2008 - 2019, Moh Roem, memberikan tanggapan positif terhadap kepemimpinan Prof Zudan Arif Fakrulloh selama menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulsel. Khususnya terkait program keagamaan Sedekah Seribu Sehari (S3) dan Sulsel Berdoa, yang diinisiasi oleh Prof Zudan. Tidak hanya itu, sisi kesejahteraan Pegawai Pemprov Sulsel juga tidak luput dari perhatian Prof Zudan.

"Kesan saya Prof Zudan selaku Penjabat Gubernur Sulsel ini perhatiannya terhadap agama sangat tinggi. Beliau banyak melakukan inovasi untuk ASN di jajaran pemprov terkait masalah keagamaan seperti Sedekah Seribu Sehari (S3) itu berjalan cukup baik," ujar Moh Roem saat ditemui di kediamannya, Senin 21 Oktober 2024.

Bupati Sinjai Periode 1993-2003 tersebut juga memberikan apresiasi besar terhadap program Sulsel Berdoa yang sangat penting dalam menjaga spiritualitas di lingkup Pemprov Sulsel. Ia pun berharap kegiatan keagamaan tersebut memiliki keberlanjutan sehingga dapat membangun akhlak dan Sumber Daya Manusia (SDM) Sulsel ke arah yang lebih baik.

"Kegiatan Sulsel Berdoa ini kan dilakukan secara serentak dan merata di setiap kantor-kantor dan beliau mengikutinya dan ini baik sekali. Mudah-mudahan kegiatan ini tetap berlanjut meskipun Prof Zudan telah berakhir masa tugasnya," ujar Moh Roem.

Selain program keagamaan, Moh Roem juga memberikan apresiasi terhadap kebijakan kesejahteraan pegawai yang diterapkan Prof Zudan. Salah satu kebijakan tersebut adalah pembayaran gaji pegawai yang dilakukan tepat waktu, yaitu setiap tanggal 1 dan pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) setiap tanggal 5, meskipun hari libur. Ia menilai, ini merupakan cerminan dari perhatian yang sangat besar terhadap hak-hak Pegawai Negri Sipil (PNS) di Sulsel.

"Dengan kehadiran beliau ini pemenuhan hak pegawai ini sudah sagat teratur. Gaji pegawai tanggal 1 sudah terbayarkan, tidak melihat waktu kerja atau hari libur. Saya kira ini sangat dinikmati oleh pegawai lingkup Pemprov Sulsel," tambah Moh Roem.

Tidak lupa Moh Roem mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Sulsel ke-355. " Semoga dengan Ulang Tahun ini Sulsel semakin berkembang, semakin maju, pelayanan yang diberikan oleh jajaran pemerintahan semakin berkualitas, pembangunan juga semakin berkembang, dan semakin dirasakan oleh masyarakat," ucapnya.

H. Moh. Roem, SH., M.Si. merupakan seorang Tokoh Sulawesi Selatan. Berikut perjalanan karier Moh. Roem. Dirinya pernah menjadi dosen Universitas Hasanuddin pada tahun 1976-1987. Pada tahun 1987-1992 ia mendapatkan amanat sebagai anggota DPR RI. Pada tahun 1992-1993 menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Menjadi Bupati Kabupaten Sinjai periode 1993-2003. Selanjutnya di tahun 2004-2019 mendapat amanah sebagai anggota DPRD Sulsel. Pada saat menjabat sebagai Anggota DPRD Sulsel tersebut, dirinya diangkat menjadi Ketua DPRD Sulsel 2008-2019. (*)