Makassar, sulselprov.go.id - Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menekankan pentingnya birokrasi gesit dan responsif atau plan do check di Pemerintahan Provinsi Sulsel. Hal tersebut disampaikan dalam arahan apel pagi, Senin, 21 Oktober 2024. 

Prof Zudan meminta agar ASN lebih banyak berkarya dan berkontribusi di dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan penyelenggaraan bidang-bidang sosial kemasyarakatan. 

"Termasuk memperbaiki kualitas pelayanan publik, ini yang perlu kita cek selalu dalam diri kita. Dari pemerintah provinsi juga memberikan reward kepada yang berprestasi, prestasi dalam bidang apapun baik olahraga, prestasi bidang budaya, bidang seni. Kemarin dipilih lima ASN terbaik diberikan beasiswa untuk melanjutkan S2 bagi yang masih S1 dan S3 bagi yang masih S2," ungkap Prof Zudan dalam arahannya. 

Oleh karna itu, Prof Zudan mengajak agar bersama-sama menanamkan dalam diri untuk terus memberikan kontribusi dan prestasi terbaik. Semua itu selain dapat dinikmati oleh masyarakat, juga menjadi warisan dari kita semuanya untuk masyarakat.

"Oleh karna itu teman-teman jangan pernah tinggalkan pemerintahan. Yang paling sederhana dan paling mudah diterapkan, yaitu rencanakan, kerjakan dan awasi," tuturnya. 

"Rencanakan apa yang hendak kita kerjakan, kerjakan yang sudah direncanakan dan awasi apa saja yang sudah direncanakan dan apa yang sudah kita kerjakan agar hasilnya optimal," lanjutnya. 

Apalagi saat ini kata Prof Zudan, sudah masuk semester terakhir, triwulan keempat Oktober, November dan Desember. Ini titik-titik krusial yang harus teman-teman perhatikan penuh di tiga bulan terakhir. 

"Apa saja yang perlu diawasi dari Januari hingga September. Dicek, dievaluasi, kalau ada bagian-bagian yang belum selesai, susun rencana baru untuk menyelesaikan masalah di Januari sampai September yang belum selesai. Susun rencana baru, segera kerjakan," ajaknya. 

"Jadi teman-teman kita harus berani melakukan evaluasi diri, evaluasi institusi sehingga kinerja kita bisa diperbaiki. Sesuai dengan rencana minggu yang lalu kita akan melakukan pengecekan," pungkasnya. 

Untuk diketahui, apel pagi ini rutin dilakukan setiap Senin untuk mengevaluasi kinerja di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel. (*)