Makassar, sulselprov.go.id - Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman membuka kegiatan seleksi Dewan Pendidikan 2024 yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, di Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penilaian Potensi dan Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah, Kantor Gubernur, Sabtu, 28 September 2024.

Jufri Rahman mengatakan, seleksi anggota Dewan Pendidikan ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

"Di mana di pasal 1994 itu memberikan mandatori bahwa dewan pendidikan itu mesti di seleksi. Jumlah dewan pendidikan itu maksimal jumlahnya adalah 13 (orang). Karena itu, pansel (Panitia Seleksi) akan menyampaikan 26 nama (atau) dua kali lipat dari batas maksimal anggota dewan pendidikan kepada bapak Gubernur," ujarnya.

Selanjutnya, kata Jufri Rahman, nanti akan ditetapkan 13 orang yang lolos dari hasil seleksi akhir ini sebagai anggota Dewan Pendidikan melalui surat keputusan penuh. Adapun tahapan akhir yang dilalui para calon anggota Dewan Pendidikan ini, yakni, tahapan penulisan makalah dan juga curah pendapat.

Terkait curah pendapat, Jufri Rahman mengungkapkan, ada sejumlah isu strategi pendidikan yang disampaikan dalam sesi curah pendapat, diantaranya terkait aksesibilitas pendidikan, pembentukan karakter, dan kewirausahaan.

"Tadi semuanya sudah menyampaikan pikirannya. Untuk penulisan makalah itu kita akan mengkompilasi dan menjadikannya sebagai sebuah buku dengan mencantumkan nama masing-masing penulisnya untuk nantinya nanti ini akan menjadi semacam buku pintar untuk Dewan Pendidikan periode berikutnya saya kira begitu," jelasnya.

Adapun tugas dari Dewan Pendidikan ini, lanjut Jufri Rahman, yakni menjadi jembatan antara eksekutif atau pemerintah dengan legislatif dan juga masyarakat terkait dengan isu-isu pendidikan yang saat ini sedang berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Iqbal Najamuddin menjelaskan, setelah tahapan seleksi tersebut selesai, maka pihaknya akan melakukan evaluasi dari pelaksanaan seleksi akhir ini dengan seluruh tim pansel yang di ketuai langsung Sekda Provinsi Sulsel.

"Insya Allah mungkin setelah ini kita akan rapat dengan seluruh pansel untuk melakukan evaluasi, merekap seluruh penilaian terkait dengan tahapan yang kita lakukan ini hari. Jadi yang diterima itu 13 orang sesuai dengan peraturan," ungkapnya.

Iqbal menambahkan, anggota Dewan Pendidikan ini nantinya akan bersama-sama menyusun kebijakan-kebijakan terkait dengan pendidikan, khususnya di Sulawesi Selatan. (*)