Tana Toraja, sulselprov.go.id - Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh didampingi oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung berkunjung ke SMA Negeri 5 Tana Toraja (Tator) Selasa, 23 Juli 2024.

"Pak Gubernur, sekolah ini salah satu SMA terbaik di Sulawesi Selatan," kata Theofilus.

"Di sini adalah tempat anak-anak bangsa yang akan membawa Toraja dan Sulawesi Selatan diperhitungkan di dunia," imbuhnya.

Penjabat Gubernur Prof. Zudan dalam sambutannya menekankan pentingnya belajar dengan giat serta menghormati orang tua dan guru. Serta memberikan kuis dengan hadiah tas.

Dia mengatakan, orang paling baik di dunia ini adalah orang tua. Sedangkan guru adalah orang yang paling baik memberikan ilmu, yang paling banyak memberikan nasehat dan yang paling banyak mengarahkan kehidupan.

"Jadi selain orang tua, orang yang terbaik adalah guru," sebutnya.

"Kalau ingin sukses dan bahagia untuk menaati dan menyayangi orang tua dan guru," tambahnya.

Dia mengungkapkan dan mendapatkan informasi dari kepala sekolah, bahwa lulusan dari SMA 5 ini, hampir 50-60 persen diterima di perguruan tinggi negeri. 

"Mau nggak bimbingan belajar semua, diberikan enam bulan gratis, kalau begitu siap-siap untuk les minimal seminggu tiga kali tambahan. Didanai oleh APBD," jelasnya.

Selanjutnya, peranan guru penting. Sehingga kualitasnya juga harus ditingkatkan, baik itu dari segi pendidikannya.

"Tahun depan saya siapkan beasiswa untuk doktor dua orang, silahkan boleh pilih di perguruan tinggi mana pun di Indonesia kami biayai. Untuk SMAN 5 Negeri kita beri jatah dua orang," tuturnya.

"Ini kita majukan untuk guru dan siswanya," pungkasnya.

Pernyataan ini disambut antusias oleh siswa dan guru di sekolah tersebut.

"Jadi dengan adanya les gratis ini sangat membantu apalagi siswa kelas 12 untuk menempuh pendidikan selanjutnya di perguruan tinggi. Sangat berterima kasih ke Pak Gubernur," kata siswi kelas 12, Dea Yumema Tumbuh.

"Kalau saya mau masuk bidang kesehatan dan mau tembak universitas di Jawa," ungkapnya. (*)