Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memuji pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan yang tumbuh secara signifikan, lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Pernyataan itu dikemukakan Presiden Jokowi saat membuka peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 yang dipusatkan di Lapangan Karebosi Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (12/7/2017).

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada 5,02 persen, sedangkan Sulsel berada pada 7,4 persen. Ini artinya pertumbuhan ekonomi Sulsel lebih baik dari pertumbuhan nasional,"kata Jokowi.

Ia juga menguraikan bahwa kesenjangan perekomian Indonesia berada pada angka 0,39 dengan pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama tahun 2017 dengan tingkat pertumbuhan 5,02 persen.

"Kita sudah mengalami kemajuan di bidang ekonomi, pertumbuhan perekonomian semakin baik dan inflasi terjaga," kata Jokowi.


Jokowi juga mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kota Makassar yang cukup tinggi yakni sebesar 7,9 persen.

"Saya liat pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) dan koperasi di Sulsel tumbuh dan bergerak. Ini menopang perekonomian Indonesia," tutur Jokowi.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi dipilihnya Kota Makassar sebagai pusat peringatan Harkopnas ke-70 ini.

"Peringatan ini menyemangati kami serta sebagai bentuk komitmen pada bangsa dan negara. Saya mewakili para insan dan pejuang ekonomi mengucapkan terima kasih," kata Syahrul.

Syahrul menambahkan, suksesnya Harkopnas ini karena adanya kolaborasi antara Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar, dan Kementerian Koperasi serta UMKM serta pihak-pihak lainnya yang ikut membantu.

"Ini hadir sebagai komitmen kebangsaan dan kenegaraan di atas segalanya dan mengakumulasi komitmen yang ada, serta bentuk konsolidasi emosional terhadap bangsa dan negara,"bebernya.

Syahrul juga memastikan bahwa koperasi harus lebih maju.

Dalam hati dan pikiran saya harus memastikan koperasi akan bisa mendukung bangsa ini untuk maju mencapai kemandirian bangsa,"harapnya.

Syahrul juga berharap dari Koperasi bersama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mampu melahirkan enterpreneur.

"Saya harapkan lahir enterpreneur baru yang kuat. Terima kasih juga untuk Walikota Makassar," pungkas Syahrul.

Dalam Harkopnas ini diberikan sejumlah penghargaan di bidang Koperasi, hadir juga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gde Ngurah, sejumlah gubenur dan bupati se-Indonesia serta perwakilan negara-negara sahabat.

Rabu, 12 Juli 2017 (Ytm/Er)