Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka dan memimpin Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2017 yang dihadiri 14 menteri kabinet, gubernur, walikota dan bupati se-Indonesia di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (27/7/2017). Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo juga hadir dalam Rakornas ini. 

Rakor ini mengangkat tema "Mempercepat Pembenahan Efisiensi Tata Niaga Pangan melalui Penguatan Infrastruktur dan Pemanfaatan Teknologi untuk Kesejateraan Rakyat"

Dalam sambutan resminya, Presiden Jokowi menitikberatkan perhatian pada investasi dan menekan inflasi. Jokowi bahkan meminta gubernur, walikota dan bupati se-Indonesia untuk mencontoh Sulsel di bidang perekonomian.

"Semua daerah bisa mencontoh Sulawesi Selatan yang perekonomiannya diatas tujuh persen," himbau Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog yang dipimpin langsung oleh Jokowi. 

Dalam dialog, Syahrul diminta oleh Jokowi untuk berbicara strategi Sulsel dalam menekan inflasi. Jokowi sendiri menyebut nama Sulsel sebanyak delapan kali dalam acara yang dihadiri Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tersebut.

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik, tahun 2016 Sulsel mengalami inflasi sebesar 2,94 persen. Terendah dalam lima tahun terkahir. 

"Inflasi dapat ditekan karena seluruh stakeholder bekerja sama untuk memantau setiap pergerakan harga," papar Syahrul.

Ia juga menambahkan, sembilan bahan pokok dipantau secara maksimal dan berkala. 

Dalam dialog juga dibahas bagaimana peran daerah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur daerah.  Juga apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan skala ekonomi usaha produksi pangan serta bagaimana peran daerah untuk meningkatkan efisiensi tata niaga komoditas pangan. 

Hadir juga dalam Rakornas, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, Menko Perekonomian, Darmin Nasution, Menko Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan, Mendagri, Thahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Mendag,  Enggatiasto Lukita, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Sebelum acara Rakornas ini, Bank Indonesia semalam (26/7/2017) mengadakan Sarasehan Nasional yang dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan. Bank Indonesia meminta para gubernur menjaga pertumbuhan ekonomi dan menjaga angka inflasi.

Kamis, 27 Juli 2017 (Ytm/Na)