Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si mengatakan tindakan kejahatan dunia maya (Cyber Crime) harus diwaspadai oleh seluruh pengguna internet, khususnya virus Ransomeware Wanna Cry.

Virus Ransomeware Wanna Cry yang saat ini cukup membuat resah, menyerang berbagai fasilitas yang terhubung lewat internet. Khusus di Indonesia Virus ini baru menyerang perangkat computer yang ada pada rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita di Jakarta.

“Saat ini sejumlah negara telah terpengaruh serangan  Ransomeware, baik di rumah sakit, perusahaan hingga universitas,”terangnya.

“Untuk itu tidak ada salahnya kita tetap mengantisipasi mengamankan data-data penting yang ada di komputer, meski di Indonesia kasusnya belum seluas negera  lain,”jelasnya.

Untuk mencegah dan menghindari cyber crime secara umum, ia menyarankan sebelum menggunakan komputer, pastikan komputer tidak terhubung dengan jaringan internet, lalu back up data-data yang dianggap penting dan meng up date anti virus.

‘’Kemajuan teknologi memeng telah membawa banyak manfaat bagi banyak orang, namun tidak semua orang memanfaatkan internet ini dalam hal positif, maka dari itu para pengguna internet  diharapkan berhati -hati dalam mengakses dan menyimpan file ‘’. Pungkasnya.

Rabu, 17 mei 2017 (Na/Yy)