Kebun Raya Pucak memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat Sulawesi Selatan untuk saat ini namun, di tahun 2018 Kebun Raya Pucak akan menjadi objek destinasi wisata baru yang terkenal di Sulawesi Selatan bahkan sampai ke luar daerah.

Pasalnya, Kebun Raya Pucak ini akan segera ditata ulang dan dipercantik oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Prov. Sulsel dengan menyiapkan dana untuk tempat tersebut.Kepala Balitbangda Prov. Sulsel, Muhammad Firda saat ditemui di Kantor Gubernur, Kamis (16/2/2017) mengatakan Kebun Raya Pucak yang saat ini berstatus Unit Pelayanan Teknis Badan (UPTB) dibawah naungan Balitbangda Prov. Sulsel, wajib segera ditata ulang dan difungsikan sebagai penelitian dan pendidikan, fungsi konservasi, serta sebagai tempat wisata.

Dan saat ini yang telah dilakukan Balitbangda Prov. Sulsel yakni, membenahi dan memperkenalkan Kebun Raya Pucak dengan cara mengratiskan bagi siswa dan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan mereka disana. Di tempat tersebut terdapat 700 jenis tanaman, khususnya tanaman khas Sulsel 100 tanaman herbal dan akan disediakan blok khusus untuk tempat buah khas Sulsel.

Dana yang diperlukan untuk membenahi tempat tersebut sebanyak Rp 5 milyar dan segera direncanakan di tahun 2018 dan di tahun 2017 ini hanya diberi bantuan mobil pick up untuk mobil pengangkutan material.

Jumat, 17 Februari 2017 (Srf/Na)