Hari lahir persandian nasional lahir tepat tanggal 4 April. Dalam rangka peringatan hari lahir persandian, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (KISP) Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar pertemuan pejabat pengelola persandian se-Sulsel tahun 2017, di Ruang Data Baru Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (4/4/2017).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (KISP) Sulsel, Andi Hasdullah, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pertemuan tersebut. 

Menurutnya, pertemuan tersebut sebagai rangkaian peringatan hari lahir persandian, menjadi penting untuk meningkatkan kinerja persandian di Sulsel.

"Selamat hari persandian nasional. Kita disini lakukan pertemuan dengan pejabat pengelola persandian, dalam memperingati lahirnya sandi. Saya Apresiasi atas kehadirannya hari ini. Ini menjadi momentum kita meningkatkan kinerja bidang persandian, khususnya di Sulsel," kata Hasdullah.

Ia menjelaskan, sesuai UU Nomor 23 tahun 2014 diikuti dengan PP Nomor 18, maka dari aspek kewenangan dan kelembagaan, persandian mengalami perubahan yang menguatkan posisi persandian. Dimana masalah persandian kini menjadi urusan wajib dalam pemerintahan.

"Karena itu, sejak penguatan posisi itu maka harus ada sinergi hak pembinaan persandian, antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota. Perubahan kewenangan ini menjadi tantangan dan peluang, agar aparatnya bisa bekerja lebih baik," katanya.

Sementara Kepala Bidang Persandian Dinas KISP Sulsel, Yulianus Sonda mengatakan, tujuan pertemuan yang berlangsung selama sehari itu untuk menyatukan persepsi dalam rangka melaksanakan tugas sebagai aparat sejak dilantik.

"Pertemuan ini diikuti oleh seluruh kabupaten kota. Totalnya sekitar 60 peserta dari kabupaten kota," pungkasnya.  

Selasa, 4 April 2017 (Ak/