website resmi pemerintah provinsi sulawesi selatan http://sulselprov.go.id

Pj Gubernur Sulsel Tinjau Sentra Pembuatan Sutera di Wajo

  • 79 pengunjung
  • 10 hits
  • 10 May 2018
Pj Gubernur Sulsel Tinjau Sentra Pembuatan Sutera di Wajo

Kabupaten Wajo merupakan salah satu daerah penghasil kain sutera terbesar di Indonesia. Produk tenun sutera mereka adalah yang terbaik di Indonesia.

Untuk itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono bersama isterinya yang juga Pj TP PKK Sulsel, Raden Roro Tri Rahayu, berkunjung ke sentra pembuatan sutera sebagai salah satu agenda kunjungan kerjanya.

Dia mengunjungi tempat pembuatan sutera Losari Silk Sengkang yang terletak di Jalan Andi Baso Patinro Sompe. Di sini, dia melihat langsung proses pembuatan kain yang terbuat dari serat protein alami kepompong.

Sumarsono dan isteri juga berkunjung ke butik sutera yang terletak di lantai dua di tempat yang sama, untuk melihat sutera yang sudah berbentuk kain jadi dan pakaian. 

"Saya biasanya satu pasang sama ibu, kembaran," kata Sumarsono sembari memegang kain sutera bermotif pelangi zig-zag dengan dasar kain berwarna hitam.

Sumarsono menilai, sutera Sengkang sangat perlu dikembangkan dengan motif beragam dengan hasil inovatif.

"Secara umum paradigmanya adalah pengembangan inovasi daerah, karena pemerintah pusat mendorong setiap daerah memiliki inovasi dan produk unggulan, dan Wajo memiliki sutera," ujarnya.

Menurutnya, diversifikasi produk penting. Jadi, di Wajo bukan hanya menjual kain putih. Ia menilai, yang kurang di pengembangan sutera adalah proses diversifikasi produk di Wajo.

"Sutera pada umumnya konsumennya adalah orang usia tua, sekarang bagaimana juga bisa menjangkau generasi muda dan pelajar," sebutnya.

Diversifikasi ini survei pasar. Sehingga, bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

"Ini harus diback-up pemerintah daerah, nanti secara umum gudangnya sutera ada di Sengkang, akan mengukuhkan peranannya sebagai penghasil sutera," pungkasnya.

Kamis, 10 Mei 2018 (Srf/Er)

Terkait

    • 3068 pengunjung
    • 2043 hits
    • 13 01 2016

    Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI, Ilyas Asaad mengatakan pihak kementerian membentuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru di Sulawesi Selatan (Sulsel). Selengkapnya.

    • 1876 pengunjung
    • 1598 hits
    • 22 01 2016

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan berupaya mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat rapat bersama OJK pada 15 Januari lalu. Selengkapnya.

    • 1489 pengunjung
    • 856 hits
    • 18 01 2016

    Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  mengatakan, masyarakat, Pemerintah Daerah, dan TNI AD sebelumnya telah bekerja sama dalam meningkatkan produksi beras. Hal tersebut membuat perekonomian Sulsel tidak ikut turun saat kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami penurunan.

    Selengkapnya.

menu lainnya