Makassar, sulselprov.go.id - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, menerima kunjungan Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Ohashi Koichi, di Kantor Gubernur Sulsel, kemarin Rabu, 21 Agustus 2024.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas peningkatan kerjasama di tiga sektor yang telah terjalin selama ini. Masing-masing di sektor perikanan, pertanian, dan pendidikan.

Ohashi Koichi mengatakan, merupakan suatu kehormatan bisa bertemu langsung dengan Jufri Rahman, yang baru saja dilantik sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel. Ia menyampaikan, kerjasama antara Pemprov Sulsel dengan Konsuler Jepang akan ditingkatkan

"Kami berharap bisa meningkatkan hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia kedepannya," kata Ohashi Koichi.

Terkait dengan kerjasama yang sudah berjalan, menurut Ohashi Koichi, ada dalam bentuk MoU antara Ehime Jepang dengan Pemprov Sulsel pada tahun 2020 lalu, tentang kerjasama di bidang perikanan, pertanian dan pendidikan.

"Kerjasama di tiga sektor ini supaya ditindaklanjuti dan MoU-nya bisa diperpanjang, karena MoU itu akan berakhir pada tahun 2025," ujarnya.

Sementara, Jufri Rahman menyambut baik kedatangan Konsuler Jepang Ohashi Koichi tersebut. Iapun berharap, hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia, terkhusus di Sulsel bisa terus berlanjut bahkan ditingkatkan.

"Kami di Pemprov Sulsel berharap kerjasama dengan Jepang ini bisa terus ditingkatkan. Apalagi sebelumnya memang sudah ada MoU," kata Jufri Rahman. (*)