Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menjadi narasumber dalam diskusi Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Ruang Bhinneka Tunggal Ika, Gedung Panca Gatra Lemhanas, Rabu (26/7/2017). Diskusi itu bertema Pancasila dan Kepemimpinan Nasional, dipandu oleh Prof. Yenny.

Syahrul mengemukakan pandangannya soal Pancasila. Menurutnya, Pancasila merupakan harga mati bagi Indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara dapat diajarkan pada semua lapisan masyarakat. Namun untuk memasyarakatkan pentingnya nilai-nilai ideologi negara itu, perlu dilakukan pendekatan baru.

"Mengajarkan Pancasila di era globalisasi ini, diperlukan pendekatan baru, pendekatan yang disesuaikan dengan perubahan zaman," paparnya.

Indonesia yang terdiri dari suku bangsa, bahasa, dan agama yang beragam disatukan dengan Pancasila.

Para peserta Lemhanas memuji  Syahrul sebagai gubernur yang cerdas dengan materi Pancasila dan kepemimpinan yang dipaparkan.

Sebelumnya,  Syahrul juga memberikan kuliah umum terkait kepemimpinan dan pembangunan Sulsel kepada 23 peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan LVI/56 Lemhannas RI dalam rangka Study Strategis Dalam Negeri (SSDN) di Baruga Pattingaloang,  Rumah Jabatan Gubernur Sulsel,  Senin (17/7/2017).

Rabu, 26 Juli 2017 (Srf/Na)