Pengertian, Internet berasal dari bahasa Inggris, “International Networking”, yaitu dua komputer atau lebih yang saling berhubungan atau berinteraksi dan bertukar informasi membentuk jaringan komputer hingga meliputi miliaran komputer di dunia internasional. Ketika internet diciptakan sudah tentu yang jadi pertimbangan utama adalah manfaat internet itu sendiri.

Internet di masyarakat bukan lagi hal yang baru dan bukan milik segelintir orang saja, tetapi internet dan manfaat internet telah dirasakan masyarakat dari berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Dengan internet dirasakan dengan mudahnya mengakses segala informasi, terlepas dari sisi negatif  jenis informasinya. Fungsi internet dari segi rekreatif, internet bisa dijadikan salah satu hiburan murah, akses mendapatkan informasi, musik, film dan multimedia lainnya, sangat membantu sekedar menghilangkan kepenatan dari stress kerja atau sekedar mencari hiburan saja.

Apakah manfaat Internet?

Ketika orang bertanya apa manfat internet itu? Jawaban beragam manfaat yang akan kita dapatkan dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial Budaya, Kesehatan, Kemasyarakatan dan lain sebagainya. Keragaman  jawaban manfaat internet ini menunjukkan bahwa banyak manfaat jaringan internet,  karena telah memasuki segala subyek ilmu pengetahuan. Manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari telah menjadi hal pokok, dan sepertinya anggapan orang bahwa “tiada hari tanpa internet” ada benarnya juga.

Penggunaan internet  bagi ibu rumah tangga juga tidak ketingggalan, mencari informasi mengenai kesehatan, cara mengasuh anak hingga resep masakan bisa didapatkan dalam hitungan detik. Manfaat internet bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya tidak perlu dipertanyakan lagi, singkatnya masyarakat memanfaatkan  internet kapan dan dimanapun berada. Sedangkan dari segi komunikasi, internet juga jadi saluran yang sangat efektif dan efisien bagi masyarakat untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh.

Dalam  dunia pendidikan adalah hal yang tidak asing lagi di negeri ini, hampir semua sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi sudah mendapatkan fasilitas untuk mengakses intenet. Pengajaran bebasis multimedia dan internet atau yang kita sering dengar basis ITC dan penggunaan e-Learning adalah salah satu manfaat internet dibidang pendidikan. Hal lain manfaat internet bagi dunia pendidikan ini adalah membantu transformasi ilmu pengetahuan kepada anak didik karena kemudahan akses informasi dalam bidang pendidikan.

Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat milyaran informasi atau data yang berbentuk teks, grafik, audio, animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Seorang guru dengan cepat bisa mendapatkan informasi mengenai metode mengajar yang baik, mencari materi pembelajaran, informasi media pembelajaran dan lain sebagainya.

Dalam bidang ekonomi sudah menjadi kebutuhan yang mendasar, fasilitas internet telah merubah paradigma pasar. Mulai dari promosi barang hingga pemasaran dan pemesanan yang dapat diakses secara langsung. Perbankan, transaksi saham, penerbitan, dan iklan juga dilakukan melalui Internet. Transaksi jual beli dapat dilakukan untuk peningkatan income pendapatan masyarakat melalui jalur jaringan internet, karena bisa dijadiakan media bisnis online yang sangat efektif dan efisien karena kecepatan akses dan hemat biaya.

Dalam bidang kesehatan, kehadiran internet mempengaruhi pola kehidupan masyarakat, tak terkecuali dengan kesehatan. Dari segi manfaat yaitu memudahkan masyarakat dalam mengetahui berbagai macam informasi tentang penyakit  hingga terapi beserta obat dan pencegahnya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarkat.

Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain, interaksi sosial bisa terjalin dengan pemanfaatan internet, misalnya dengan media jejaring sosial seperti facebook, twitter dan massenger lainnya memungkinkan masyarakat berinteraksi dengan mudah. Promosi sosialpun tidak asing lagi bagi manfaat internet dibidang sosial. Penggalangan dana untuk tujuan sosial sudah sering dilakukan melalui internet, seperti situs sosial dompet duafa misalnya atau situs-situs sosial lainnya dalam penggalangan dana bencana alam. Dengan menggunakan mesin pencari (search engine) google, yahoo ataupun yang lainnya dengan mudah dapat kita dapatkan informasi.

Demikian sekilas penjelasan kegunaan internet dari berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan sedikit pemahaman mengenai sisi positif internet yang kita ketahui. Dan semoga manfaat internet inipula menjadi bagian dari kehidupan kita. (Abdul Mughni)