Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono membuat gagasan agar pengemudi ojek online dapat membantu pihak aparat kepolisian untuk dapat menciptakan ketertiban dan keamanan di masyarakat.

"Ketika ada kejahatan bayangkan saja kalau tiba-tiba (pengemudi) ojek bisa bertindak, membantu dan menolong orang itu, atau melaporkan ke polisi, itu namanya reaksi cepat, tidak hanya melayani transportasi tetapi juga bisa membantu aparat keamanan," kata Soni Sumarsono.

Mereka oleh manajemen dibekali ilmu bela diri dan Soni sebut dengan nama Ojek Reaksi Cepat (ORJ).

Misalnya dalam sistem aplikasi mitra terdapat satu tombol yang terhubung langsung dengan sistem keamanan kota, sehingga terhubung (link) dengan aparat keamanan.

"Itulah namanya Brigade Reaksi Cepat Go-Jek, itu nyambung sehingga kehadiran anda link dengan aparat keamanan, keberadaan anda menjadi sinergi menjaga ketertiban dan keamanan kota," Jelas Soni.

Hal ini Ia sampaikan saat membuka festival kuliner yang bertajuk GO-FOOD Festival di EatOut Karebosi Link, Makassar, Sabtu (21/4/2018).

Namun, Soni menjelaskan, hal ini dilontarkannya bukan dalam bentuk keputusan, dan mengembalikan keputusan pada pimpinan dan manajemen Go-Jek. Keputusan pemerintah hanya rangsangan. Baik Pemprov maupun Pemkot memberikan perlindungan, fasilitas, pengayoman, pembinaan dan pengawasan terhadap ketertiban umum, dan di satu sisi adalah kepuasan pelanggan. 

Soni menambahkan, saat ini eranya mempercepat pelayanan pada pelanggan dan kepuasan pelanggan.

Adapun kegiatan ini diapresiasi karena akan membantu pariwisata Sulsel, "Kalau ini bisa menjadi tourism development, saya kira dimudahkan dengan Go-Food,"pungkasnya.

Sabtu, 21 April 2018 (Srf/Er)