Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH melepas secara resmi 592 kontingen daerah Sulawesi Selatan untuk mengikuti pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang dilaksanakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka atau disebut Raimuna.

Pelepasan ini dilaksanakan dalam kegiatan Apel Besar Gerakan Pramuka ke-56 di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa sore (8/8/2017).

Raimuna XI dipusatkan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13-21 Agustus 2017 mendatang. 

Pada kegiatan Raimuna Nasional Tahun ini, Pelaksana Kegiatan mengangkat tema “Pramuka untuk Masa Depan Indonesia”. Berbagai kegiatan hingga lomba akan digelar pada event akbar tersebut.

Syahrul mengatakan, kegiatan ini dapat mendorong perkembangan gerakan Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter bangsa. 

"Ini untuk pembentukan karakter bangsa. Baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan, dan memiliki keterampilan serta wawasan kebangsaan serta bela negara demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Syahrul. 

Tahun lalu, Sulsel berhasil masuk tiga besar pada pelaksanaan Raimuna. Tahun ini, Syahrul berharap kontingen Sulsel minimal bisa mempertahankan prestasi yang diraih sebelumnya. Bahkan kalau bisa, meraih juara umum.

Menurutnya, membina 592 Garuda Pramuka tidak mudah. Butuh proses dan seleksi yang panjang, termasuk soal pendanaan untuk keberangkatan peserta. 

Syahrul berharap Pramuka Sulsel semakin berkembang baik itu jumlah pembina ataupun variasi permainan kepramukaan, bukan hanya terkait tali-temali tetapi juga dipadukan dengan permainan digital.

SYL sebagai Ketua Majelis Pembina Daerah Gerakan Pramuka Sulsel melepas rombongan dengan menyerahkan bendera Sulsel pada ketua rombongan regu,  Tautoto Tana Ranggina. 

Pada Apel Besar Gerakan Pramuka itu, Syahrul juga menandatangani Prasasti Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo yang berlokasi di Cadika, Limbung, Kabupaten Gowa.

Di akhir kegiatan sebanyak 1500 poster Syahrul ditampilkan oleh peserta pada Peragaan Ketangkasan Pramuka.

Rabu, 9 Agustus 2017 (Srf/Na)