Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada pembukaan Lomba Olahraga dan Seni Antar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel di Lapangan Upacara di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (15/8/2017).

Syahrul dalam sambutannya mengatakan,  pelaksanaan lomba antar Pegawai Negeri Sipil PNS merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesa.

"Kebersamaan dan kerjasama adalah hal yang penting dalam perlombaan olahraga ini,"  kata Syahrul pada semua peserta yang hadir.

"Yang paling penting adalah kebersamaan dan bekerjasama," katanya.

Poin penting pada olahraga adalah mengajarkan terkait sportivitas.  Dan manfaat olahraga akan menyehatkan hati dan pikiran.

"Olahraga itu ada di hati dan pikiran kita. Kalau olahraga sukses, hati dan pikiran menjadi tenang," kata Syahrul.

Perlombaan olahraga dan seni serta lomba kebersihan ini akan dilaksanakan dari tanggal 15 Agustus sampai 18 Agustus mendatang.

Yang menarik adalah Syahrul ikut bergabung bersama peserta untuk senam Maumere, jika peserta lain menggunakan baju olahraga, Syahrul justru menggunakan pakaian dinas harian (PDH).

Syahrul menggunakan PDH karena memang di hari yang sama akan menghadiri beberapa kegiatan resmi diantaranya, pelaksanaan lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 lingkup Pemprov Eselon II dan pembekalan  kesadaran bela negara mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Prov Sulsel, Sri Endang Sukarsih mengatakan kegiatan ini selain untuk menyambut HUT RI juga untuk menjalin silaturrahim antar pegawai.

"Ada dua hal penting dari kegiatan ini. Pertama untuk menyambut HUT RI dan sebagai ajang Silaturrahim," kata Sri Endang yang juga mantan Kepala Biro Napza dan HIV/AIDS Prov Sulsel.

Sejumlah perlombaan akan dihelat antar PNS, diantaranya lomba terompa, tarik tambang, balap karung, Senam Maumere, dan menyanyi solo antar pejabat dan staf lingkup Pemprov Sulsel.

Selasa, 15 Agustus 2017 (Srf/Na)