Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) berharap Perusahaan Daerah (Perusda) dapat meningkatkan kinerja dan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bagi Mantan Bupati Bantaeng ini, Perusda harus menjadi profit center (pusat laba) bagi Pemerintah Provinsi Sulsel melalui PAD. Bukan justru membebani APBD.

"Sekarang ini kebutuhan pembangunan kita terus meningkat, kita beraharap Perusda ini kan menjadi profit center bukan membebani APBD. Terlebih, Ia menyebutkan, Pemprov Sulsel punya aset cukup banyak. 

"Harusnya menghasilkan, kalau down (rugi) mengapa  down, Perusda harus inovatif dan kreatif, membangun usaha yang memberikan profit, intinya bagi saya perusda itu cintakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan tiada hari tanpa inovasi da kita selalu berpikir bagaimana menghasilkan," harapnya.

Apakah ada rencana membuat Perusda baru?, NA menyebutkan sudah ada gambaran. "Sudah insya Allah, kita lihat yang mana lebih menguntungkan, yang pasti, tidak memberikan kontribusi akan kita likuidasi, 

"Masa harus bebani APBD terus, masa sedikit-sedikit subsidi-subsidi, kasihan," ujarnya. 

Sedangkan sektor Perusda yang akan dibangun juga masih akan dilakukan pemetaan. Terutama sektor yang swasta yang tidak masuk. Menurutnya, pada prinsipnya Perusda itu mendorong dan mendukung. 

Misalnya tidak masuk dibidang angkutan. Agar tidak mematikan yang sudah ada.
Untuk yang sifatnya supportif (mendukung) misalnya di Kabupaten Kepulauan Selayar untuk pembangunan hotel.

"Untuk pembangunan hotel yang bagus di sana. Perusda kenapa tidak masuk bangun hotel disana. ya daerah bisa berkembang," pungkasnya.

Kamis, 13 September 2018 (Srf/Na)