Makassar, sulselprov.go.id - Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekertariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, melaksanakan Rapat Inventarisasi dan Analisis Kerjasama Daerah Kab/Kota, untuk meningkatkan pemahaman peserta rapat tentang kerjasama daerah yang merupakan usaha bersama dalam rangka menyelenggarakan urusan pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik yang lebih baik.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekertariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Idhan Kadil Dalle mengatakan bahwa kegiatan rapat ini, berlangsung selama sehari, Selasa 21 Maret 2024 di Hotel Claro Makassar dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada aparatur pemerintahan tentang pentingnya melakukan inventarisasi dan analisis kerjasama daerah guna mendukung pelaksanaan kerjasama daerah yang lebih terarah dan terorganisir.

Inventrarisasi dan analisis kerjasama daerah ini memegang peranan penting dalam perumusan kebijakan kerjasama daerah dan tata cara implementasi kerjasama daerah, sehingga diharapkan dapat menghasilkan manfaat yang optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Idham Kadir Dalle mengatakan bahwa Rapat hari ini juga sebagai pedoman dalam melaksanakan identifikasi potensi-potensi daerah yang dapat  dikerjasamakan melalui sharing informasi dan pengalaman antar aparatur pemeritahan.

Oleh karena itu, kami mengundang pemateri dari pusat dan dari Pemerintah Kota Bandung Jawa Barat, untuk sharing pengalaman dengan Kab/Kota se Sulawesi Selatan untuk membangun atau menciptakan sinergi penyelenggaraan pembangunan dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang ada didaerah masing-masing serta bagaimana mengembangkan potensi daerah secara bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder pembangunan.

Harapannya peserta dapat benar-benar mengikuti berbagai materi dengan seksama agar materi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik, sehingga kita memiliki kesamaan pemahaman untuk mengatasi masalah yang belum terselesaikan serta mampu memanfaatkan kerjasama daerah untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya inventarisasi dan kerjasama yang tersusun, ke depan diharapkan akan semakin berkualitas dan tanpa menimbulkan permasalahan antar daerah dan  bisa saling menguntungkan antar Kab/Kota demi untuk memajukan daerah sehingga masyarakat kita bisa sejahtera. (*)