Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Soni Sumarsono dan Isteri Tri Rachayu menyambut dengan antusias kedatangan juara Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2018 asal Kabupaten Soppeng, Selfiyani Yanma di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Sungai Tangka Makassar, Sabtu (19/5/2018).

Selfi tiba bersama kedua orang tuanya, dan disambut langsung oleh Soni Sumarsono, Pj Sekda Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, betsama sejumlah kepala OPD Sulsel dan para pendukungnya yang telah lama menanti.

Tiba di depan pintu Rujab, Selfi langsung mencium tangan Soni Sumarsono, dan Soni mengalungkan sarung sutera (lipa sabbe) langsung ke Selfi.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas penyambutannya pada Selfi, terima kasih Pak Gubernur sudah mendukung. Tanpa itu semua Selfi bukan siapa siapa sekarang," kata Selfi saat memberikan sambutan saat diterima Gubernur.

Selanjutnya, Selfi menyerahkan piala bergilir kepada Gubernur, piala atau tropi ini akan disimpan di Kantor Gubernur Sulsel selama setahun. Sedangkan Gubernur memberikan piagam penghargaan berbingkai warna emas, hadiah motor dari Bank Sulselbar dan uang tunai.

Sumarsono menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diberikan oleh Selfi.

"Rasa syukur kita pada Allah SWT, karena kita dianugerahi salah seorang warga yang membanggakan dan telah memperoleh juara LIDA 2018," sebutnya.

Dia juga mengapresiasi kerja keras pemerintah kabupaten dan masyarakat Soppeng, yang sudah memberikan pengawalan dan dukungan sehingga mengantar Selfi berhasil menjadi juara pertama, demikian juga dengan warga Sulsel di seluruh Indonesia.

"Saya yakin tidak satu pun tidak SMS," ujarnya.

Dia pun menyampaikan rahasia bentuk dukunganya dan dukungan pemerintah Sulsel. Saat proses lomba berlangsung dirinya tidak berada di Studio Indosiar, pada saat grand final, dia di Surabaya saat ledakan bom Surabaya terjadi.

"Saya tidak datang, tetapi dukungan dari Sulsel penuh, kebetulan karena Gubernur Sulawesi Selatan yang juga merangkap Dirjen Otonomi Daerah yang kebetulan mengawasi seluruh kepala daerah di Indonesia, saya sudah berikan imbauan dan ajakan kepada gubernur seluruh Indonesia, bupati dan walikota untuk SMS. saya pastikan dukungan bukan hanya dari Sulsel tetapi dari seluruh Indonesia," ungkapnya yang disambut tepuk tangan.

Salah seorang staf Kantor Gubernur diungkapkan oleh Sumarsono memang meminta agar gubernur Sulsel yang juga Dirjen Otoda ini untuk mengimbau seluruh OPD di Sulsel dan kepala daerah mendukung Selfi.

Sumarsono menambahkan, penghargaan yang diberikan kepada Selfi sebagai bentuk pengakuan sah pemerintah terhadap warga Sulsel yang telah  berprestasi.

"Ini adalah bentuk penghargaan dan pengakuan, inilah yang tidak ternilai, Pemerintah Provinsi Sulsel memberikan pengakuan tertinggi pada anak berprestasi," ucapnya.

Diakhir acara penerimaan ini Selfi mengajak Sumarsono untuk bernyanyi lagu kemenangannya "Menuju Terang" dan satu lagu Bugis "Inninawa".

Warga Soppeng yang hadir pun berbahagia dengan prestasi Selfi dan sambutan dari pemerintah.

Sakka Pati, salah seorang warga Soppeng dan seorang akedemisi ini mengatakan, Selfi telah membanggakan masyarakat Soppeng, daerah ini kemudian semakin dikenal di seluruh Nusantara.

"Dia telah menjadi duta Soppeng,  akhirnya nama Soppeng menggaung sangat besar," sebutnya.

Sementara itu, warga lainnya, Usman Nusu, bangga dengan Selfi karena bisa mengangkat derajat keluarganya ke tingkat yang lebih baik.

Sabtu, 19 Mei 2018 (Ytm/Er)