Kabar gembira bagi dunia kesehatan tahun 2019 ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar meraih juara pertama sebagai RS ramah lingkungan dari seluruh RS Provinsi se-Sulsel. Juara kedua diraih RS Sayang Rakyat dan RS Pertiwi sebagai juara ketiga.

Direktur RS Haji Makassar, Abdul Haris Nawawi mengaku, ada beberapa faktor yang menjadi penilaian sehingga bisa meraih RS ramah lingkungan pertama di Sulawesi Selatan. 
"Jadi yang menjadi ukuran penilaian adalah unsur SDMnya, termasuk semua lini yang ada di Rumah Sakit, mulai dari hulu hingga ke hilir harus terlibat semua," kata Haris Nawawi saat ditemui, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (11/9/2019).

Namun yang paling penting pada sebuah rumah sakit yakni bagaimana keramahan pada saat memberikan pelayanan terhadap pasien maupun keluarga pasien. 

"Jadi, ada kebersihan, ada tamannya, harus hijau, hijaunya itu minimal 44 persen dari keseluruhan Rumah Sakit, kemudian ada layanan bersih, ramah tamah seluruh petugasnya, melayani dengan senyum sapa salam dan santun, sehingga masyarakat merasa belum diberikan tindakan sudah merasa sembuh, ini adalah komunikasi terapeutik," jelas alumni Kedokteran Gigi Unhas Makassar ini. 
Menurutnya, selama ini masyarakat kalau ke Rumah Sakit aduh nyeri ada trauma, itu kita harus hilangkan. Makanya muncullah ramah lingkungan.

Rabu, 11 September 2019 (Srf/Na)