Jambore Festival Sungai Jeneberang 2016  yang diadakan oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) secara resmi dibuka oleh Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Latif di Bili-Bili Kabupaten Gowa, Sabtu (19/11/2016).

Dalam kegiatan jambore ini ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan yakni Penanaman beberapa jenis pohon disekitaran Bendungan Bili-Bili, susur sungai untuk melihat kerusakan-kerusakan dan membersihkan sungai, pencanangan sekolah sungai untuk memberikan pengetahun kepada masyarakat cara pengelolaan sungai yang baik, dan Seminar Tata Kelola Air.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sulsel, A. Darmawan Bintang menghimbau bahwa air tidak boleh disia-siakan walaupun saat ini dalam keadaan berkelimpahan air.

Ia juga meminta agar masyarakat, pemerintah dan swasta dapat mengelola air dengan baik.

Sementara Sekda Provinsi Sulsel, Abdul Latif menghimbau agar masyarakat dapat menjaga kualitas air  tidak tercemar dan semua harus terlibat dalam melestarikan apalagi kontribusi air sangat besar.

Sekda juga mengajak masyaraka Sulsel untuk bersama-sama menjaga kebersihan sumber daya air, seperti waduk dan sumber air laiinya.

Sabtu, 19 November 2016 (Srf/Er)