Warga Makassar dan sekitarnya bakal dimanjakan oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, di moment Car Free Day (CFD) di Jl. Sudirman Makassar, Minggu (15/4/2018).

Selain bakal ikut melakukan senam sehat bersama warga yang menikmati liburan akhir pekan, Soni juga akan jadi peracik penganan baru yang Ia sebut sebagai panganan basket atau bassang - bubur ketan hitam dengan asuhannya sendiri.

Mantan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta dan Penjabat Sulawesi Utara ini akan melayani warga yang berminat menikmati penganan bassang- bubur ketan. Dua jenis penganan tradisional ini sebenarnya penganan berbeda. Namun, Soni meramu keduanya menjadi satu dan memberinya nama baru "basket 21" atau bassang bubur ketan, 2 menjadi 1.

Soni pertama kali meracik kedua penganan ini menjadi satu saat kunjungan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA tahun 2018 di SMAN 21 Makassar. Saat itu, selain menikmati dua kuliner tersebut, Soni iseng mencampur keduanya. Ternyata rasanya enak. Ia kemudian memanggil salah seorang wartawan dan seorang lurah untuk mencicipi Bassang 21.

Keduanya pun mengakui racikan Soni nikmat. Soni sangat antusias menikmati berbagai kue tradisional yang disajikan untuknya. Ia berpesan agar setiap kuliner tradisional dilestarikan dan dikembangkan.

"Nah, Basket 21 ini saya harap menjadi kuliner baru yang dapat melestarikan kuliner-kuliner khas Sulsel," katanya.

Anda yang berminat mencoba kuliner baru Gubernur Soni ini, silakan cepat-cepat bergabung di Car Free Day Jl. Jenderal Sudirman, besok (Minggu, 15/4).

Sabtu, 14 April 2018 (Ytm/Er)