Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan yang juga menjabat sebagai Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik (Kemendagri), Soni Sumarsono memimpin apel pertama lingkup Pegawai Kantor Gubernur Sulsel di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Senin (16/4/2018).

Apel pagi kali ini dihadiri Penjabat Sekda Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, sebagian besar Kepala OPD, Staf Ahli Gubernur, Asisten, para pejabat Eselon III, IV dan Staf lingkup Kantor Gubernur Sulsel.

Soni dalam arahannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pejabat dan staf yang hadir pada apel pagi yang rutin dilaksanakan di lingkup kantor Gubernur Sulsel. Ia mengajak semua yang hadir untuk senantiasa mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT.

Soni Sumarsono, merasa diterima dengan sangat baik oleh semua unsur masyarakat di Sulsel, walaupun pada awalnya terdapat penolakan, untuk itu berterima kasih atas hal tersebut.

"Saya berterima kasih karena sambutan yang sungguh luar biasa, saya merasa diterima dengan baik," kata Soni.

Ia memberikan ruang kepada seluruh pegawai untuk berinteraksi dengannya menyampaikan berbagai hal, termasuk masukan melalui aplikasi pesan instan Whatsapp (WA). Setiap OPD ataupun instansi yang ada Ia anjurkan untuk membuat group WA untuk arahan dan diskusi secara virtual. Seorang ASN juga harus akrab dan terbiasa menggunakan teknologi.

"Apalagi, Sulsel sebagai provinsi termaju di Kawasan Timur Indonesia, mudah-mudahan semuanya sudah bisa menggunakan WA," ucapnya.

Soni menambahkan, Provinsi Sulawesi Selatan diantara Provinsi lain di Indonesia, Sulsel termasuk 2 teratas. Kalau di luar Jawa, menurut Dirjen Otoda ini, Prov Sulsel adalah Provinsi terbik di luar Pulau Jawa, dimana pertumbuhan ekonominya diatas rata-rata

“Dengan WTP sebanyak 7 kali, IPM diatas rata-rata. Ini semua ditunjang dengan pembangunan infrastruktur dikuti dengan kondisi ASN yang aktif dan disiplin,”bebernya.

Menurut Soni, Sulawesi Selatan sudah sulit dibedakan dengan kondisi DKI Jakarta dimana kemajuan dalam bidang IT sudah sangat berkembang. Hal ini dapat dilihat dari terobosan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo dibidang IT yang sudah bisa memantau langsung dari Kantor Diknas Sulsel aktifitas Ujian Sekolah dan Ujian Nasional yang dilakukan Siswa Siswi di Sulsel melalui aplikasi epanrita@sulselprov.go.id, termasuk kurikulum pendidikannya semua sudah berbasis IT.

Ia membeberkan bahwa, sebagai gubernur dan Dirjen, Ia memberikan prioritas kepada Sulsel. "Saya kira itu komitmen saya, selama urusan Kemendagri tidak ada hambatan,” ujarnya.

Soni kembali mengingatkan, agar pemerintahan berjalan dengan baik serta ASN harus bersikap netral pada pemilihan kepala daerah yang ada di Sulsel dan jangan mudah mengupload berita di media social yang tidak jelas sumbernya.

"Tidak usah menunda-nunda karena dalam sistem pemerintahan, satu detik pun tidak boleh kosong. Jaga ketertiban, dan sejukkan sulsel," pesannya.

Terakhir, Soni kembali memberikan instruksi kepada seluruh ASN melakukan gerakan "Salam Birokrasi Netral".

Senin, 16 April 2018 (Er/Srf)