Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono memimpin apel Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Makassar di Lapangan Upacara Kantor Walikota Makassar, Senin (14/5/2018).

Apel yang dimulai pukul 07.30 Wita tepat, dihadiri ASN Pemkot Makassar. Mereka yang terlambat tidak diizinkan masuk, harus menunggu di luar pagar, dan baru bisa masuk usai apel. 

Soni Sumarsono dalam arahannya menyampaikandan menekankan pentingnya netralitas ASN. Dia memberikan beberapa contoh, ASN yang diduga tidak netral.

"Gambar Penjabat Bupati Bone viral dimana-mana, saya ditegur oleh Mendagri, ternyata gambar tersebut gambar tahun lalu," kata Sumarsono. 

Dia mengimbau untuk tidak mengupload foto yang berbau politik dan hoax. 

Seorang ASN bisa memiliki pilihan politik ketika berada di dalam bilik TPS. Untuk kampanye Pasangan Calon (Paslon), ASN diminta untuk tidak aktif termasuk mengkampanyekan, mengenakan baju kaos dan simbol-simbol dukungan lainnya. Dia pun mengatakan memilih untuk tidak hadir langsung dalam setiap debat dari Paslon peserta Pilkada. Dia hanya memantau dari televisi untuk mengetahui esensi program tawaran Paslon. 

"Setuju netral?  Kalau setuju hormat, salam birokrasi," pintanya. 

Sumarsono juga menyampaikan semua program pemerintahan harus jalan walaupun dibawah kendali Pelaksana Tugas Walikota, yang saat ini dijabat Syamsu Rizal. 

"Semua proyek harus berjalan sesuai yang dijadwalkan dibawah kepemimpinan Pak Syamsu Rizal, pelayanan publik harus jalan, gaji harus jalan," ujarnya. 

Untuk itu, di hari kedua menjabat Dia langsung bertemu Syamsu Rizal untuk koordinasi. Temasuk melantik pejabat untuk jabatan yang lowong. 

Untuk itu, Pemkot Makassar harus tampil prima, karena merupakan wajah dari Indonesia Timur. 

Pasar Sentral juga dibahasnya, ini adalah persoalan utama yang harus diselesaikan segera apalagi menjelang Ramadhan, dimana para pedagang berjualan di jalan. Namun, Sumarsono menyerahkan penuh persoalan ini diselesaikan oleh Pemkot Makassar terlebih dahulu. 

"Dimensinya adalah, memberikan manfaat terutama pedagang, di sisi lain tidak merugikan developer dan terakhir menguntungkan masyarakat," sebutnya. 

Dia juga menyampaikan agar seluruh ASN mengikuti arahan dan perintah Plt Walikota Makassar, Samsu Rizal agar pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar. 

Usai apel, Sumarsono bersilaturrahim bersama ASN dan diskusi soal Makassar.

Senin, 14 Mei 2018 (Ytm/Na)