Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi dan Debarkasi Makassar 1438 H /2017 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), H. Agus Arifin Nu'mang dan disaksikan langsung oleh Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saefuddin, di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (12/7/2017).
Usai melantik, Agus meminta PPIH Embarkasi dan Debarkasi Makassar untuk bisa mempertahankan prestasi yang telah berhasil diraih pada musim haji tahun lalu.

"Musim haji tahun lalu, Embarkasi dan Debarkasi Makassar menjadi yang terbaik di Indonesia. Saya berharap PPIH tahun ini yang baru saja dilantik bisa mempertahankan prestasi itu,"kata Agus.

Pada acara yang dirangkaikan dengan peresmian Mock Up Pesawat sebagai salah satu fasilitas pendukung di Asrama Haji Sudiang Makassar, Agus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kementerian Agama RI, dalam hal ini Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) serta seluruh pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan sehingga fasilitas yang ada di Asrama Haji Sudiang dari tahun ke tahun bisa terus dilengkapi dan dibenahi.

"Atas nama Pemprov Sulsel, saya berterima kasih karena fasilitas di Asrama Haji dari tahun ke tahun semakin dilengkapi. Kita berharap seluruh fasilitas yang ada di Asrama Haji Sudiang ini, nantinya bisa benar-benar sesuai dengan standar. Sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada para Jamaah Calon Haji (JCH) yang transit disini," tuturnya.

Agus juga berharap dengan adanya fasilitas mock up pesawat yang saat ini hanya ada di dua Asrama Haji di Indonesia, yaitu Palembang dan Makassar, Agus meminta agar fungsinya bisa benar-benar dimaksimalkan untuk memberikan pengetahuan kepada para JCH tentang fasilitas-fasilitas yang tersedia di dalam pesawat terbang yang akan mengangkut para JCH menuju ke tanah suci.

"Dengan adanya mock up pesawat ini, pihak maskapai bisa menjelaskan dan mengajarkan kepada para JCH tentang cara penggunaan dari fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di pesawat yang nantinya mengangkut para JCH ke tanah suci. Karena tidak semua JCH ini pernah naik pesawat. Ada yang memang sama sekali belum pernah naik pesawat,"ujarnya.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulsel, Abd Wahid Thahir menyampaikan bahwa untuk musim haji tahun ini, Embarkasi Makassar akan memberangkatkan sebanyak 38 kelompok terbang (kloter) yang merupakan jamaah haji dari delapan provinsi.

"Tahun ini, Embarkasi Makassar akan memberangkatkan sebanyak 38 Kloter, yang jamaah hajinya berasal dari 8 provinsi, termasuk Papua dan Papua Barat. Untuk permintaan Pak Wagub, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mempertahankan prestasi sebagai PPIH terbaik di Indonesia, seperti tahun lalu,"kata Wahid Thahir.

Terkait mock up pesawat, Wahid Thahir menjelaskan, mock up pesawat tersebut dibangun dari dana sumbangan pihak bank-bank penerima setoran ongkos naik haji dan juga pihak maskapai.

"Mock up pesawat ini dibangun dengan anggaran Rp 4 miliar dari sumbangan pihak bank-bank penerima setoran ongkos naik haji dan pihak maskapai. Tujuannya sebagai wahana belajar bagi para JCH yang akan berangkat melalui Embarkasi Makassar. Khususnya bagi para JCH yang memang belum pernah naik pesawat. Sehingga kita berharap, nantinya mereka tidak kebingungan lagi untuk menggunakan fasilitas yang ada di pesawat,"ujarnya.

Rabu, 12 Juli 2017 (Amr/Er)