Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menerima kunjungan Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Mayjen TNI (Purn) I Gde Nyoman Arsana dan juga penulis buku 'Dewasa Dalam Berdemokrasi' Surya Wiranto di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis (13/9).

"Jadi tim Wantimpres ini lagi membuat sebuah pedoman, bagaimana sistem demokrasi kita bisa berjalan dengan baik, dengan murah tanpa insiden, termasuk yang banyak disoroti soal Pilkada," kata Nurdin. 

Nurdin menyebutkan, kajian mereka dengan harapan dimana pilkada bisa lebih murah, lebih adem dan menghasilkan pemimpin yang baik.

Selain itu, mereka juga meneliti fenomena kotak kosong (Koko), mengapa di Kota Makassar bisa menang. 

"Kenapa kotak kosong menang, kotak kosong tidak bisa berkampanye, tidak bisa bersosialisasi kok bisa menang, begitu," sebutnya. 

Figur dari para kandidat juga ini mereka kaji. Karena hal ini menjadi salah satu yang menarik di Sulsel. Kandidat yang ada dinilai dewasa dalam berkontestasi. 

"Pertama kali di Sulsel ini berpilkada damai, tenang, lahir pemimpin tanpa gugat menggugat, itu," ujarnya. 

Buku ini sendiri ditulis juga oleh Rektor Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta periode 2006-2015.

I Gde Nyoman menyebutkan saat ini mereka sedang melakukan pengumpulan data, sebelumnya di Medan (Sumatera Utara) dan Pontianak (Kalimantan Barat), selanjutnya di Makassar (Sulawesi Selatan).

"Kami tertarik banyak terjadi fenomena mengarah ke depan untuk lebih baik, kami sudah membuat tulisan berdasarkan data sekunder, sekarang data primer, di tulis oleh tim kami di Jakarta yang melibatkan, tiga professor dan ahli," jelasnya.

Adapun sasaran dari buku ini, membut demokrasi yang baik di Indonesia. Demokrasi yang didasarkan pada nilai Pancasila.

"Kita ingin membuat demokrasi khas Indonesia. yang ada dibarat, belum tentu cocok karena kita ada falsafah Pancasila, kita menggali nilai sendiri kita lihat demokrasi yang ada di seluruh dunia tidak sama," paparnya. 

Adapun untuk di Sulsel, salah satu fokusnya, pada fenomena kemenangan kota kosong.

Untuk pemilihan Gubernur, dari buku ini juga digali perjalan gubernur terpilih hingga menang. 

"Apa resep dari gubernur baru, Nurdin Abdullah bisa menang, kalau kita liat figur beliau bagus, dua kali menjadi Bupati Bantaeng. Masyarakat Sulsel semakin dewasa dan bisa jadi contoh daerah lain," sebutnya.

Kamis, 13 September 2018 (Srf/Na)