Makassar, sulselprov.go.id - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengadakan Webinar ASN Adaptif Series ke-7 dengan tema Personal Branding ASN Untuk Performa Organisasi, Kamis, 15 Agustus 2024.

Webinar kali ini diikuti antusias oleh peserta sebanyak 1.596 orang, yang berasal dari lingkup Pemprov Sulsel, Kabupaten/Kota, maupun dari luar Provinsi Sulsel. 

Dalam Webinar ini menghadirkan narasumber, diantaranya Sandra Erawanto (Widyaiswara Kementerian Sekretariat Negara, sekaligus Coach Public Speaking and Personal Branding) dan Anshar Syukur (ASN Dinas Pendidikan Sulsel dan Penggiat Literasi Digital Indonesia).

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Sulsel, Prof Muhammad Jufri, mengatakan, organisasi yang maju, organisasi yang hebat, tentu harus didukung dengan kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di dalamnya. 

"Dan sumber daya yang kita maksudkan salah satunya adalah mereka yang memiliki personal branding yang kuat," ujarnya. 

Muhammad Jufri juga mengatakan bahwa tema ini diangkat untuk menindaklanjuti apa yang menjadi harapan dari Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh.

"Beliau menekankan kepada kita semua, bahwa organisasi yang hebat tidak hanya sekedar bekerja, bekerja, bekerja, tanpa pernah melakukan promotion atau tanpa melakukan branding yang kuat bagi organisasinya," lanjutnya.

Dirinya menekankan alasan utama diusungnya tema webinar series ke-7 ini, yaitu agar masyarakat dapat merasakan dan melihat apapun yang ASN kerjakan.

"Kita harus menyuarakan, mem-brand organisasi kita, bisa diawali dengan melakukan penguatan personal branding bagi para ASN ataupun bagi para staffnya," jelasnya.

Sesuai arahan Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh terkait pentingnya setiap OPD melakukan branding dan marketing bagi organisasinya supaya apa yang dikerjakan OPD diketahui oleh masyarakat.

Sandra Drawanto, ahli personal branding selaku narasumber pertama membahas tentang Pencitraan Diri ASN untuk Performa Organisasi Berkelas Dunia, Fungsi dari ASN, apa saja tugas ASN, serta kewajiban dari ASN seperti apa.

"Setiap ASN harus memiliki jiwa melayani masyarakat," ujar Sandra Drawanto.

Narasumber kedua, Anshar Syukur, ASN Dinas Pendidikan Sulsel, menyampaikan poin terkait bagaimana personal branding khususnya di Media Sosial.

"Etika global tetap harus kita junjung tinggi," ujar Anshar Syukur.

Pada penjelasannya, ia mengatakan dengan media sosial, seseorang dapat mencapai audiens global dengan mudah dan cepat. Bisa juga memungkinkan membangun hubungan yang lebih personal dengan audiens. 

"ASN adalah role model di lingkungan kita, jadi diharapkan ASN Indonesia menjadi role model sebagaimana mestinya supaya nantinya kita menjadi generasi bangsa, generasi yang membanggakan karena sekarang kita tidak bersaing dengan sesama provinsi tetapi kita bersaing di dunia global," tutup Andriani sebagai Moderator Webinar ASN Series ke-7. (*)