Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan, akan melaksanakan Event Culture Run pada Minggu (28/07/2019) mendatang.

Event Culture Run ini merupakan kegiatan lomba lari, dimana akan melibatkan berbagai komunitas yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya dan destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Denny Irawan mengatakan Lomba lari ini, akan diikuti lebih dari 800 peserta dan 40 komunitas. Dimana lomba lari itu dimanjakan dengan hadiah jutaan rupiah, medali yang didesain unik budaya Sulsel bagi peserta yang mendapat juara.

"Sejauh ini sudah ada 40 komunitas dengan total 800 peserta. Jumlahnya masih terus bertambah. Ajang ini juga untuk mendukung program Explorer South Sulawesi," kata Denny saat menggelar konferensi pers di Kantor Disbudpar Sulsel, Jum'at (26/7/2019).

Untuk jalur lintasan sendiri, Denny menyebutkan beberapa destinasi wisata yang akan dilalui oleh peserta antara lain Masjid 99 Kubah, Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, Lapangan Karebosi dan Monumen Mandala.

Denny menyebut Jarak yang ditempuh o|eh peserta adalah sejauh 7 KM, dengan melalui rute JL.Jend. Sudirman, JL.Haji Bau, JL.Metro Tanjung Bunga, JL.Durian, JL.LamadukeIIeng, JL.Mukhtar Lutfi, JLSomba Opu, JL.Pattimura, JLPasar Ikan, JL.Riburane, JI. Ahmad Yani, dan JI. Jend. Sudirman

"Mereka akan melewati beberapa destinasi pariwisata antara lain Mesjid Kubah 99, Pantai Losari, Benteng Rotterdam, Lapangan Karebosi dan Monumen Mandala," kata Firdha.

Selain lomba lari 7 kilometer tersebut, juga disiapkan beberapa item kegiatan nantinya.

"Tak hanya lomba lari 7 K kategori umum yang diselenggarakan. Kami juga ada berbagai item kegiatan lainnya seperti senam zumba, lomba lari kategori kostum adat Sulsel, pertunjukan seni dan budaya Sulsel, hiburan dan berbagai doorprize," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar sulsel, Syamsuniar Malik menambahkan kegiatan Event Culture Run tahun 2019 sangat dimininati oleh masyarakat terbukti dari banyaknya yang mendaftar.

"Pelaksanaan Event Culture Run 2019 sempat agak ragu karena bersamaan dengan banyaknya event di Makassar, tapi ternyata peminatnya sangat besar bahkan saya banyak ditelpon untuk minta didaftarkan," ungkap Syamsuniar.

"Panitia hanya menyiapkan peserta sekitar 800 orang, sehingga kedepannya ini akan menjadi event tahunan dan dipersiapkan lebih maksimalkan lagi," pungkasnya.

Jumat, 26 Juli 2019 (Srf/Er)