Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu'mang menegaskan bahwa upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengangkat tingkat kesehatan masyarakat selama ini membuahkan hasil yang sangat menggembirakan. 

Menurutnya, pencapaian keberhasilan itu karena didukung oleh pembiayaan yang memadai, dimana APBD untuk kesehatan di Provinsi Sulawesi Selatan mencapai 10,42 % yang juga merupakan proporsi pembiayaan kesehatan terbesar yang ada di Indonesia untuk tingkat provinsi. 

Agus menambahkan, bahwa pembiayaan untuk program kesehatan yang bersumber dari dana APBN untuk Sulawesi Selatan sebesar 600 Miliar Rupiah lebih.

Agus juga membeberkan bahwa dari upaya keras yang telah dilakukan dengan dana yang tersedia, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mewujudkan 24 Kabupaten dan Kota yang ada di Sulawesi Selatan menjadi Kabupaten dan Kota Sehat.

Bukan hanya itu, Agus Arifin Nu'mang juga menyebutkan bahwa kemajuan bidang pelayanan kesehatan di Sulawesi Selatan terlihat dengan mewujudkannya Puskesmas yang terakreditasi, dimana terdapat 64,7 % Puskesmas yang tersebar di Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan telah terakreditasi, dan di tahun 2018 mendatang diprediksi 90% lebih Puskesmas akan terakreditasi.

Sementara Rumah Sakit yang telah terakreditasi sebanyak 44,9 % dengan peringkat, 3 rumah sakit paripurna, 4 yang utama, 2 peringkat Madya, dan 3 dasar, serta 22 peringkat perdana.

Pada acara Ramah Tamah dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang Rujab Gubernur, Senin (13/11/2017) tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan itu juga menyerahkan berbagai penghargaan di bidang kesehatan untuk Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan.

Senin, 13 November 2017 (Amr/Rs)