Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan perjalanan Haji di Sulawesi Selatan, dengan terus membenahi berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh para calon tamu Allah. Fasilitas yang kini telah rampung pengerjaannya, Asrama Haji yang berlokasi di Sudiang Makassar.

Asrama Haji tersebut akan diresmikan pada tanggal 4 April 2017 mendatang yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Makassar, H. Muhammad Nazir ketika diterima oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan  Agus Arifin Nu'mang di Kantor Gubernur, Jumat (24/3/2017).

Nazir juga melaporkan bahwa pembangunan Mock Up pesawat boeing di area Asrama Haji, kini pembangunannya sementara berjalan. Mock Up tersebut menyerupai pesawat boeing dan memiliki dua toilet dengan kapasitas 90 tempat duduk.

Mendengar laporan Kepala UPT, Agus AN yang juga adalah Ketua Persaudaraan Haji Indonesia Sulawesi Selatan, menyatakan rasa syukur karena permintaannya kala itu di Komisi 8 DPR RI agar Asrama Haji Sudiang Makassar juga dibangun Mock Up pesawat sebagaimana yang telah dibangun di Asrama Haji Medan Sumatera Utara, dipenuhi pemerintah pusat.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu meminta kepada pengelola Asrama Haji Sudiang agar Mock Up tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh sekolah pramugari, karena bentuk dan fasilitas Mock Up pesawat tersebut betul betul menyerupai pesawat terbang boeing yang digunakan oleh calon jemaah haji.

Dia juga meminta kepada Kepala UPT agar berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura untuk meminjam eskalator Bandara Hasanuddin yang tidak terpakai, agar bisa digunakan di Asrama Haji sebagai sarana latihan bagi calon jemaah haji yang belum pernah menggunakan fasilitas "tangga Berjalan" tersebut.

Terkait dengan pemanfaatan Asrama Haji Sudiang, Agus berharap agar dikelola secara syariah, dimana setiap lantainya disediakan Mushollah, sehingga jamaah tidak kesulitan untuk mencari tempat sholat.

Jumat, 24 Maret 2017 (Srf/Er)