Pemerintah Provinsi Sulawesi  Selatan menorehkan prestasi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 menyisihkan  2.823 inovasi lainnya.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin kepada Pemprov Sulsel yang diterima langsung oleh Pj.  Sekda Sulsel Tautoto Tanaranggina di Hotel Shangrila, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/9) malam. 

Tercatat, ini adalah penghargaan kedua yang diterima Pemprov Sulsel sejak dipimpin oleh Gubernur Sulsel Nurdin Andullah dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, atau 14 hari sejak dilantik oleh Presiden Jokowi pada 5 September lalu. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih penghargaan di bidang irigasi yaitu sebagai salah satu dari 10 Provinsi terbaik Penyelenggara Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Tahun 2017 tingkat nasional (18/9).

Tautoto didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel Sulkaf S Latif dan Kepala Balai Penerapan Mutu Produk Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (UPT BPMPPDKP) Siti Zaleha Soebarini.

Menurut Sulkaf mengatakan inovasi Sejuta Ikan (Sertifikat Pengujian Mutu Hasil Perikanan) Agar Produk Perikanan Sulsel Tetap Mendunia merupakan Inovasi yang digagas dan diterapkan oleh BPMPPDKP.

"Ini karena terutama kita mempercepat pelayanan ekspor dengan menjemput sampel mengantarkan langsung hasil pemeriksaan tanpa biaya tambahan," kata Sulkaf. 

Adapun inovasi ini melalui tahap seleksi berjenjang mulai dari pengajuan proposal hingga presentasi inovasi.

Dari jumlah 2.824 yang terdaftar, sebanyak 1.689 diajukan ke Kemenpan RB, 1.463 lolos tahap penilaian proposal. Setelah melalui proses evaluasi, mengerucut pada 150 inovasi yang kemudian dinilai oleh tim independen.

Rabu, 19 September 2018 (Srf/Na)