Staf Ahli Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. A. Hasdullah, M.Si membuka acara Workshop Pengembangan Kerjasama Daerah Kawasan Andalan di Hotel D’Maleo, Makassar, Selasa (29 Maret 2016).

H. A. Hasdullah dalam sambutannya mengatakan, sebagai komitmen kita bersama untuk mendapatkan ide-ide dan inovasi dalam pengembangan kerjasama Kawasan Andalan dilakukan oleh Pemprov Sulsel dan Pemkab dalam wilayah Kawasan Andalan, tentunya sangat positif dan bermanfaat, baik bagi Pemkab maupun bagi pemangku kepentingan terkait, khususnya para pelaku kerjasama di daerah.

“tujuan utama pelaksanaan kerjasama adalah sharing capabilities dan sharing peningkatan nilai ekonomi kita, salah satunya adalah dijembatani oleh kerjasama ekonomi diberbagai bidang. Untuk itu sinergitas, keterpaduan dan keselarasan dalam kerjasama untuk diaplikasikan di lapangan, mutlak diperlukan karena inilah inti dari kerjasama yang diadakan,”katanya.

Ia menambahkan, kerjasama merupakan salah satu bentuk untuk peningkatan nilai ekonomi kita dimana menempati posisi penting sebagai mitra kelembagaan dalam menarik investor di daerah kita. Banyak komoditi yang bisa dikerjasamakan dan para petani mendapat keuntungan dari dampak kerjasama tersebut seperti alih teknologi atau pemanfaatan bibit unggul telah diharapkan di masing-masing daerah.

“Arah pengembangan kerjasama selalu mengakomodasikan masukan dan substansi yang lebih banyak untuk dikerjasamakan. Untuk meningkatkan kerjasama secara intens perlu terus ditingkatkan,”lanjutnya.

“Forum ini dirancang sebagai suatu sarana yang sangat strategis bagi pengembangan kerjasama, baik kerjasama antar kabupaten/kota, provinsi dengan provinsi dan pihak ketiga dan pihak luar negeri, untuk secara bersama-sama memberikan konstribusi pemikiran dan aspirasi yang konstruktif serta memberikan masukan bagi upaya-upaya tindak lanjut yang diperlukan dalam rangka memperkuat sector pembangunan disegala bidang,”ungkapnya

“Pemprov Sulsel telah banyak bekerjasama dengan daerah lain bahkan kerjasama ini telah merambah ke manca Negara disamping diharapkan terbentuknya kerjasama Kawasan Andalan,” pungkasnya

Sebelumnya Ketua Panitia, Muhammad Hatta melaporkan, tujuan diadakannya workshop ini adalah terlaksananya program kerjasama pembangunan antara wilayah dan persamaan persepsi dalam melaksanakan kerjasama baik antar daerah dan kerjasama pihak ketiga serta terlaksananya workshop pengembangan kerjasama daerah Kawasan Andalan.

Selasa, 29 Maret 2016 (Rs/Tn)