Salah satu ciri dan karakter orang Bugis-Makassar yang terkader baik adalah petarung! fighter! Dan, sifat seperti itu juga mencirikan dia pelaut ulung yang sudah biasa menaklukkan gelombang dan badai di tengah samudera. Menggapai pulau harapan yang di balik fatamorgana dengan haling-rintang membentang!

Kau petarungkukah? Kau kader unggulankah? Kalau ya… maka tanda-tandanya, bila dia atau kau tetap landai-landai dan tenang-tenang saja dalam turbulence (gejolak) cuaca jelek sekali pun. Artinya tidak panik dan gamang karena kau atau dia punya elementary  prinsip yang bersumber dari etika budayamu yang bermuara pada prinsip kebenarang,kemaslahatan, dan tidak berhianat.

Kalau begitu, pegang teguh ki sifat-sifat petarung ulungmu, Komandan! Yaitu:

  • Percaya diri dan percaya dia (bawahan dan stafmu,temanmu, sahabatmu, dan tidak negative thinking
  • Selalu memilih jalan untuk kebaikan bersama, tidak ada niat menghancurkan yang ada.
  • Berusah mencari solusi dan peluang untuk keluar dari tantangan dan masalah yang ada.
  • Selalu ada hasrat berbagi dan tidak egoistic atau egoisentrisme kedaerahan.
  • Selalu tetap move on, berkreasi, melakukan terobosan dan ulet bekerja dalam situasi dan cuaca apa pun yang ada.
  • Selalu siap bertanggung jawab dunia-akhirat, karena seorang penentu selalu meletakkan  tanggung jawab pada dirinya bukan mengkambing hitam-kan orang lain.

Aiiiii, saya curiga kalian semua petarungku yang mau jadi hero untuk sebuah kebaikan!Insya Allah,Tuhan melihat dan menuntun kita dari nawaitu yang ikhlas,  dari jalan kebenaran yang kita pijak. Kita pasti menang!

Insya Allah, salamakki tapada salama’.

16 Juni 2015